Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Friday, April 10, 2015

Ciri-ciri Media Pembelajaran Yang Baik dan Benar

Ciri-ciri Media Pembelajaran - Perkembangan ilmu pengetahuan semakin mendorong upaya-upaya pembeharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil dalam proses belajar. Tenaga pengajar ditunjtut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh lembaga sekolah yaitu media pembelajaran.


Gerlach dan  Ely (1971) mengemukakan tiga ciri media pembelajaran sebagai berikut:
1) Ciri Fiksatif (Fixative Property)
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek.



2) Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
Transformatisi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki cirri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar time-lapse recording. Misalnya, bagaimana proses larva menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekam fotografi tersebut.



3) Ciri Distributif (Distributive Property)
Ciri distributive dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditrasportasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama dengan kejadian itu.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top