Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Monday, March 30, 2015

Jenis-jenis Membaca Menurut Para Ahli

       Jenis-jenis membaca menurut Resmini (2006:30 dalam Herda, 2006:21) sebagai berikut.
  1. Membaca pemahaman (Reading For Understanding,), membaca yang bertujuan memahami isi pesan dalam bacaan.
  2. Membaca memindai disebut juga membaca tatap (scanning), kegiatan membaca yang sangat cepat untuk memperoleh info tertentu dari bahan bacaannya.
  3. Membaca layap/membaca sekilas (skimming), adalah membaca yang membuat kita bergerak cepat melihat, memperhatikan  bahan tertulis untuk mengetahui isi umum/bagian dalam suatu bacaan.
  4. Membaca intensif (intensive reading), proses membaca yang dilakukan secara seksama, cermat dan teliti dalam penanganan  terperinci yang dilakukan pada saat membaca.
  5. Membaca nyaring/suara keras, kegiatan membaca yang  dilakukan untuk meningkatkan membaca dan menyimak.
  6. Membaca dalam hati, tujuan membaca dalam hati adalah melatih siswa menangkap arti bacaan dalam waktu singkat dan melatih kesanggupan siswa untuk memusatkan perhatian dan pikiran pada satu soal, serta melatihsiswa untuk dapat mengambil kesimpulan dari apa yang dibacanya.

Sedangkan Tarigan (1986:12-13) mengklasifikasikan jenis-jenis membaca sebagai berikut.
  • Membaca nyaring, membaca bersuara (reading aloud; oral reading)
  • Membaca dalam hati (silent reading)
1. Membaca ekstensif (extensive reading)
Membaca ekstensif ini mencakup pula membaca survey (survey reading), membaca sekilas (skimming reading), dan membaca dangkal (superficial reading).
2. Membaca intensif (intensive reading)
  • Membaca telaah isi (content study reading), yang mencakup pula membaca teliti (close reading), membaca pemahaman (comprehensive reading), dan membaca kritis (critical reading), dan membaca ide (reading for ideas).
  • Membaca telaah bahasa (language study reading), yang mencakup pula membaca bahasa asing (foreign language reading), dan membaca sastra (literary reading).
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top