Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Thursday, June 18, 2015

Penulisan Kerangka Karangan Bahasa Indonesia

A.    Topik
Narkoba dalam kehidupan Remaja saat ini menjadi masalah yang sulit dihadapi.

B.     Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut:
1.     Mengetahui pengertian Narkoba
2.     Mengetahui bagaimana penyebaran Narkoba
3.     Mengetahui bahaya dari Narkoba  
4.     Mengetahui bagaimana upaya yang harus dilakukan agar terhindar dari penyalahgunaan  Narkoba

C.     Kerangka Karangan
     Tema : Kesehatan
  1. Pengertian Narkoba
  2. Penyebaran Narkoba
  3. Faktor yang menyebabkan penyalahgunaan Narkoba di kalangan Remaja.
  4. Bahaya yang ditimbulkan dari Narkoba
  5. Upaya yang harus dilakukan agar terhindar dari penyalahgunaan Narkoba

 D.    Pengembangan Karangan

bahaya narkoba bagi generasi remaja
     Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan zat adiktif. Semua istilah ini mengacu kepada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan narkoba sebenarnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat- obatan untuk penyakit tertentu. Namun presepsi ini disalah gunakan akibat pemakaian di luar batas dosis sehingga dapat membahayakan kesehatan tubuh.
     Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum- oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja dari Bandar narkoba yang senang mencari mangsa di daerah sekolah, diskotik, dan tempat – tempat pelacuran. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua, ormas,dan pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela.
     Masa remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa anak- anak dan masa dewasa. Perkembangan seseorang dalam masa remaja akan membentuk pengembangan diri orang tersebut di masa dewasa. Karena itulah bila masa remaja  rusak karena narkoba, maka suram atau hancurlah masa depannya. Pada masa remaja, keinginan untuk mencoba- coba, mengikuti trend dan gaya hidup, serta bersenang- senang besar sekali. Walaupun kecenderungan itu wajar- wajar saja, teatapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan narkoba. 
     Bila narkoba digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan . kecenderungan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat dan organ- organ tubuh lainnya seperti jantung , paru- paru, hati dan ginjal. 
     Oleh karena itu, masih banyak hal yang masih bisa kita lakukan untuk mencegah remaja menyalahgunakan narkoba salah satunya dengan melibatkan peran penting orang tua dalam  memberikan bimbingan dan pengawasan terhadap anak- anaknya akan bahaya  narkoba yang bisa merusak kesehatan dan masa depan. Karena kecendrungan anak menyalahgunakan narkoba tidak dapat dilepaskan dari peran dan tanggung jawab orang tua. Sekalipun lingkungan seperti keluarga sekolah dan teman sebaya, mempunyai pengaruh yang besar bagi anak, tetapi apabila orang tua dapat melaksanakan peran dan tanggungjawabnya maka pengaruh lingkungan tersebut dapat ditekan seminimal mungkin.

Facebook Twitter Google+
 
Back To Top