Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Tuesday, November 18, 2014

Menulis itu banyak sekali manfaat dan fungsinya

Menulis itu banyak sekali manfaat dan fungsinya - Menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang-orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami lambang-lambang grafik tersebut. Dengan kriteria seperti itu, maka dapatlah dikatakan bahwa menyalin huruf-huruf tertentu untuk dicetak bukanlah menulis kalau orang-orang tersebut tidak memahami bahasa tersebut beserta representasinya. (Lado, 1979: 143).

Hugo Hartig dalam Tarigan (2008: 25) merangkum tujuan menulis sebagai berikut :

  1. Assignment purpose (tujuan penugasan)
  2. Altruistik purpose (tujuan altruistik)
  3. Persuasive purpose (tujuan persuasif)
  4. Informational purpose (tujuan informasional, tujuan penerangan)
  5. Self-expresif purpose (tujuan pernyataan diri)
  6. Creative purpose (tujuan kreatif)
  7. Problem-solving purpose (tujuan pemecahan masalah)

Tujuan menulis yakni penulis ingin menyampaikan amanat, pesan atau sekedar memberikan informasi saja tentang sesuatu. Dalam hal ini, ada kalanya penulis menyampaikan sesuatu gagasan dan mengembangkan melalui seluruh tulisannya. (Hipple, 1973: 309-311).

“Pada prinsipnya fungsi utama dari tulisan adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung. Menulis sangat penting bagi pendidikan karena memudahkan para pelajar berpikir, juga dapat menolong kita berpikir secara kritis.” (D’ Angelo, 1980: 5)

Penulis yang ulung adalah penulis yang dapat memanfaatkan situasi dengan tepat. Situasi yang harus diperhatikan dan dimanfaatkan adalah:

  1. Maksud dan tujuan sang penulis (perubahan yang diharapkannya akan terjadi pada diri siswa).
  2. Pembaca atau pemirsa (apakah pembeca itu orang tua, kenalan, atau teman sang penulis).
  3. Waktu atau kesempatan (keadaan-keadaan yang melibatkan berlangsungnya suatu kejadian tertentu). D, Angelo, 1980: 20).

Setiap penulis memproyeksikan sesuatu mengenai dirinya ke dalam sepenggal tulisan. Bahkan dalam tulisan yang objektif ataupun yang tidak mengenai orang tertentu sekalipun, sang memegang suatu peranan tertentu, dan tulisannya mengandung nada yang sesuai maksud dan tujuan.

Berdasarkan pendapat di atas, disimpulkan, bahwa menulis banyak sekali fungsinya yang bermanfaat bagi kita pembaca. Fungsi menulis dalam pembelajaran yang penulis lakukan adalah melatih siswa menulis karangan sederhana berdasarkan kesesuaian isi dengan topik, kesistematisan isi, pilihan kata, keefektifan kalimat, penggunaan EYD (huruf kapital, tanda titik, dan tanda koma). Bila dikaitkan dengan pembelajaran menulis di kelas siswa dituntut untuk menyesuaikan tulisan karangannya sesuai dengan topik yang jelas, isi yang sistematis serta pilihan kata yang sesuai, kalimat efektif mudah dipahami.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top