Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Wednesday, May 20, 2015

Tujuan Membaca Pendapat Para Ahli

Membaca hendaknya mempunyai tujuan, karena seseorang yang membaca dengan tujuan, cenderung lebih memahami dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai tujuan.
Tarigan, (1979:10) mengemukakan tujuan membaca adalah sebagai berikut:
  1. Membaca untuk memperoleh perincian-perincian atau fakta-fakta (reading for details or facts).
  2. Membaca untuk memperoleh ide-ide utama (reading for main ideas).
  3. Membaca untuk mengetahui urutan atau susunan, organisasi cerita (reading for sequence or organization).
  4. Membaca untuk menyimpulkan, membaca inferensi (reading for inference).
  5. Membaca untuk mengelompokkan, membaca untuk mengklasifikasikan (reading to classify).
  6. Membaca menilai, membaca evaluasi (reading to evaluate).
  7. Membaca untuk memperbandingkan atau mempertentangkan (reading to compare or contrast)
Yunus Abidin (2010:9) berpendapat tujuan membaca adalah sebagai berikut.
Tujuan membaca adalah : (1) membaca untuk pengetahuan, yakni membaca yang dilakukan intuk menemukan berbagai informasi yang sangat berguna dalam rangka mengembangkan wawasan dan ilmu pengetahuan pada diri seseorang; (2) membaca untuk menghasilkan, yakni membaca yang dilakukan untuk dapat mendatangkan keuntungan dari segi financial; (3) membaca untuk hiburan, yakni membaca yang dilakukan untuk mendapatkan kenikmatann kesegaran, dan kesenangan.

Tujuan membaca menurut Paul S. Anderson dalam (Widyamartaya 1992:90) adalah untuk:
  1. memperoleh fakta atau perincian-perincian (reading for details and facts), yaitu membaca untuk mengetahui penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh tokoh, apa yang terjadi pada tokoh, dan lain-lain.
  2. memperoleh ide-ide utama (reading for main ideas), yaitu membaca untuk mengetahui masalah, apa yang dialami tokoh, dan merangkum hal-hal yang dilakukan tokoh untuk mencapai tujuannya.
  3. mengetahui urutan atau organisasi cerita (reading for sequence or organization), yaitu membaca untuk mengetahui setiap bagian cerita.
  4. menyimpulkan (reading for interference), yaitu membaca untuk mengetahui mengapa tokoh berbuat demikian, apa yang dimaksudkan pengarang dengan cerita atau bacaan itu, mengapa terjadi perubahan pada tokoh. 
  5. mengelompokkan (reading for classify), yaitu membaca untuk menemukan dan mengetahui hal-hal yang tidak biasa, apa yang lucu dalam cerita atau bacaan, apakah cerita itu benar atau tidak.
  6. menilai (reading for evaluate), yaitu membaca untuk mengetahui apakah tokoh berhasil, apakah baik kita berbuat seperti tokoh.
  7. membandingkan atau mempertentangkan (reading for compare or contest), yaitu membaca untuk mengetahui bagaimana caranya tokoh berubah, bagaimana hidupnya berbeda dari kebiasaan hidup yang kita kenal, bagaimana dua buah cerita mempunyai kesamaan
Berdasarkan pendapat yang dikemukakan tentang tujuan dalam membaca, dapat disimpulkan bahwa tujuan yang diinginkan oleh setiap orang dari kegiatan membaca berbeda-beda. Tanpa tujuan yang jelas, pemahaman kita terhadap apa yang kita baca juga menjadi tidak jelas. Paling tidak, carilah tujuan yang paling mudah dan sederhana sehingga kita dapatmemperoleh dari tujuan minimal kita, sehingga faedah membacapun dapat kitadapatkan. Sehingga kita menjadi tahu dan lebih memahami tentang sesuatu yang kita baca. Maksud dan tujuan seseorang dalam membaca akan menentukan kemampuan pemahaman dan kecepatan membaca dari bacaaan atau materi bacaannya.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top