Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Monday, March 3, 2014

ARTIKEL KEBIDANAN- Dokumentasi Kebidanan dan Manfaatnya

Pengertian Dokumentasi Kebidanan

Dokumentasi kebidanan merupakan bukti pencatatan dan pelaporan berdasarkan komunikasi tertulis, akurat, dan lengkap yang dimiliki bidan dalam melakukan asuhan kebidanan dan berguna untuk kepentingan klien, tim kesehatan, dan kalangan bidan sendiri (Wildan, M, dkk, 2008).
2.         Manfaat Dokumentasi kebidanan
a.         Nilai hukum : Catatan informasi tentang klien atau pasien merupakan dokumentasi resmi dan mempunyai nilai hukum jika terjadi suatu masalah yang berkaitan dengan pelanggan etika dan moral profesi dokumentasi dapat merupakan barang bukti tentang tindakan yang telah dilakukan bidan sekaligus sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan sanksi
b.        Jaminan mutu  : Pencatatan yang lengkap dan akurat dapat menjadi tolak ukur dalam menilai asuhan yang telah diberikan dan menetukan tindak lanjut berikutnya
c.         Alat komunikasi : Merupakan alat “perekam” terhadap masalah yang terkait dengan klien atau tenaga kesehatan yang lain. Dapat dilihat apa yang telah terjadi atau dilakukan terhadap pasien terutama pada keadaan dimana pasien perlu dirujuk atau dikonsultasikan ke dokter atau ahli gizi dan sebagainya.
d.        Nilai administrasi : Termasuk salah satunya adalah biaya dan dana yang dipergunakan sebagai pertimbangan atau acuan dalam menentukan biaya yang dibutuhkan atau dikeluarkan untuk asuhan.
e.         Nilai pendidikan : Dapat dipergunakan sebagai bahan pembelajaran bagi peserta didik kebidanan maupun tenaga bidan muda karena menyangkut secara kronologis proses asuhan kebidanan serta tindakan yang dilakukan.
f.         Bahan penelitian : dokumentasi yang akurat dapat mempunyai nilai bagi penelitian dalam pengembangan pelayanan kebidanan selanjutnya (objek riset).
g.        Akreditasi atau audit : digunakan sebagai kesimpulan keberhasilan asuhan yang diberikan serta menetukan atau memperlihatkan peran dan fungsi bidan.
3.         Pendokumentasian asuhan kebidanan
Proses pemikiran penatalaksanaan kebidanan adalah metode pendokumentasian SOAP yang dipakai untuk mendokumentasikan asuhan klien dalam rekam medis klien sebagai catatan kemajuan. Model dokumentasi dapat digambarkan sebagai berikut :
a.         Subjektif              :    Informasi atau data yang diperoleh dari apa yang dikatakan klien tersebut.
b.         Objektif               :    Data yang diperoleh dari apa yang dilihat dan dirasakan oleh bidan sewaktu melakukan pemeriksaan, dan hasil laboratorium.
c.         Analisa                :    Merupakan kesimpulan yang dibuat berdasarkan data subjektif dan objektif tersebut.
d.        Penatalaksanaan  :    Merupakan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan kesimpulan yang telah dibuat.

Facebook Twitter Google+
 
Back To Top