Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Thursday, July 16, 2015

Makalah Pengaruh lingkungan terhadap kesehatan

Pengaruh lingkungan terhadap kesehatan terhadap kesehatan manusia berdasarkan akibat yang timbul secara umum dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu; 
  1. akibat atau masalah yang ditimbulkan segera terjadi, artinya begitu faktor lingkungan yang tidak menguntungkan tersebut hadir atau tidak hadir dalam kehidupan, maka akan timbul suatu penyakit, 
  2. akibat atau masalah yang timbul terjadi secara lambat laun artinya terdapat tenggang waktu antara hadir atau tidak hadirnya faktor lingkungan dengan munculnya penyakit. Pengaruh yang berlangsung secara terus menerus serta terdapat sifat akumulatif di dalamnya.
Peranan faktor lingkungan dalam menimbulkan penyakit dapat dibedakan atas empat macam yaitu ; 

  1. Sebagai faktor predisposing, artinya berperan dalam menunjang terjangkitnya suatu penyakit pada manusia. Misalnya keluarga yang tinggal di suatu rumah di daerah yang endemis terhadap penyakit DHF.
  2. Sebagai penyebab secara langsung. Seorang yang bekerja pada pabrik peleburan baja akan mudah di terkena penyakit keruh lensa, sebagai akibat dari sinar atau nyala api yang hebat di pabrik peleburan baja tersebut karena tidak mempergunakan kaca mata pelindung.
  3. Sebagai medium transmisi penyakit, misalnya air yang menggenang akan menjadi tempat perindukan nyamuk.
  4. Sebagai faktor yang mempengaruhi perjalanan suatu penyakit, misalnya udara yang panas akan memperberat penderita penyakit jantung. (Azwar, 1989)
Masalah kesehatan adalah suatu masalah yang sangat kompleks, yang saling berkaitan dengan masalah-masalah lain di luar kesehatan itu sendiri. Demikian pula pemecahan masalah kesehatan masyarakat, tidak hanya dilihat dari segi kesehatannya sendiri, tapi harus dilihat dasi seluruh segi yang ada pengaruhnya terhadap masalah “sehat-sakit” atau kesehatan tersebut. Banyak faktor yang memepengaruhi kesehatan, baik kesehatan individu maupun kesehatan masyarakat, untuk hal ini Hendrik L. Blum menggambarkan ada empat faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan yaitu: keturunan, kesehatan lingkungan, perilaku dan pelayanan kesehatan. Disamping berpengaruh langsung kepada kesehatan, juga saling berpengaruh satu sama lainnya. Status kesehatan akan tercapai secara optimal bilamana keempat faktor tersebut secara bersama-sama mempunyai kondisi optimal pula. Salah satu faktor saja berada dalam keadaan terganggu (tidak optimal), maka status kesehatan akan tergeser kearah di bawah optimal (sakit).
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top