Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Wednesday, December 23, 2015

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BUKU HARIAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONTRASI KECAKAPAN MODELLING THE WAY (PTK )

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BUKU HARIAN  MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONTRASI KECAKAPAN MODELLING THE WAY (PTK )

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Penelitian
Ruang lingkup pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP mencakup komponen kemampuan berbahasa dan komponen bersastra yang meliputi aspek-aspek; 1) mendengarkan; 2) berbicara; 3) membaca; dan 4 ) menulis. Aspek tersebut merupakan perwujudan dari sk mata pelajaran bahasa indonesia, sebagaimana dijelaskan BSNP (2006:1) yang tertulis sebagai berikut.

Standar kompetensi mata pelajaran bahasa indoensia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra indoesia. SK ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memaklumi dan merespon situasi lokal, regional dan global.

Standar kompetensi ini diharapkan “Peserta didik mampu mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan pengkaryaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri (BSNP, 2006:!). untuk itu, diharapakan guru harus memusatkan perhatian kepada pengembangan kopetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar serta harus lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan para siswanya. Hal ini akan terwujud apabila “Pembelajaran bahasa Indoenesia diarahka untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indoesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, serta menumbuhkan apresiasi hasil arya kesastraan manusia Indonesia (BSNP, 2006:1).

Salah satu bagian dan kd dalam pembeajaran bahasa dan sastra Indonesia adalah menulis buku harian. Hasil studi awal menunjukan bahwa kemampuan menulis buku harian kelas VII SMP Negeri 3 Kawali masih belum memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Faktor penyebabnya adalah kurang tepatnya metode dan teknik yang digunakan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode demontrasi kecakapan (modeling the way). Dilihat dari keuggulannya metode  demontrasi kecakapan (modeling the way) dapat membuat siswa dari yang tadinya pasif menjadi aktif, sebab seluruh angggota harus siap menjawab pertanyaan dan rekannya yang tidak menjadi kelompok saat itu. Sementara kekurangannya hanya segi waktu yang kurang efektif.

Metode demontrasi kecakapan (modeling the way) akan digunakan dalam pembelajaran menulis buku harian dianggap mampu mengatasi kesulitan beajar siswa dalam menulis buku harian. Atas dasat pertimbangan itu penelitian ii dilakukan dengan mengetengahkan topik sebagaimana tertulis dalam judul berikut “Peningkatan Kemampuan Menulis Buku Harian Melalui Metode Pembelajaran Demintrasi Kecakapan (modeling the way) (PTK di Kelas VII SMP Negeri 3 Kawali Kabupaten Ciamis).

1.2  Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah langkah-langkah pembelajaran menuis buku harian dengan menggunakan metode demonstrasi kecakapan (modelling the way) di kelas VII SMP Negeri 3 Kawali
  2. Bagaimanakah perubahan kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran menuis buku harian dengan menggunakan metode demonstrasi kecakapan (modelling the way)?

1.3  Tujuan Penelitian
Ada dua tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian ini.

  1. Ingin mendeskripsikan langkah pembelajaran  menuis buku harian dengan menggunakan metode demonstrasi kecakapan (modelling the way) di kelas VII SMP Negeri 3 Kawali
  2. Ingin mendeskripsikan perubahan kemampun siswa setelah mengikuti pembelajaran menuis buku harian dengan menggunakan metode demonstrasi kecakapan (modelling the way)

1.4  Manfaat penelitian
Hasil penelitian pembelajaran menulis buku harian yang disajikan dengan menggunakan metode demonstrasi kecakapan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran menulis. Manfaat yang diaksud antara lain;

  1. Guru Mapel Bahasa Indonsia akan memperoleh gambaran tentang prosedur penerapan metode Domontrasi Kecakapan dalam pembelajaran menulis buku harian, dilihat dari langkah pelaksanaan pembelajaran maupun prosedur penilaian pembelajarannya
  2. Siswa akan mendapat pengalaman berharga dalam belajar melalui metode demontrasi kecakapan, sehingga diharapkan melalui pembelajaran tersebut siswa tidak lagi bergantung kepada guru tetapi dapat mengalami sendiri dengan memanfaatkan segenap kemampuannya untuk memperoleh apa yang diinginkannya
  3. Gru mata pelajaran lainnya dan juga para siswa akan memperoleh gambaran nyata mengenai skenario pembelajaran berasarkan metode demonstrasi kecakapan, lebih dari itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat diterapkan kembali ke dalam pembelanaran mata pelajaran yang menjadi tanggungjawabnya sehingga akan bermunculanlah beragam peneman baru yang inovatif.

1.5  Kerangka Pemikiran
Pelaksanaan pembelajaran menulis buku harian, selain ditunjang dengan teknik dalam pembelajaran yang sesuai dan efektif. Salah satu hasil inovasi dimaksud, adalah metode pembelajaran Modelling The Way. menurut Sagala ((2008: 183), “untuk mengoptimalkan kualitas kegiatan belajar dan mengajar di kelas, ada salah satu sistem pendidikan yang dapat diterapkan, dan ini sudah teruji berhasil, yaitu modelling the way.
Modelling the way adalah suatu metode pembelajaran yang diciptakan untuk belajar aktif dan kreatif dengan sistem belajar mengajar bercirikan peserta didik yang mendatangi guru di kelas, bukan sebaliknya.

Metode pembelajaran moellling the way bagi para guru di SMP Negeri 3 Kawali, merupakan suatu hal yang baru. Hasil inovasi ini sangat menarik perhatian mereka, terutama karena adanya implikasi bahwa metode pembelajaran ini dapat mengoptimalkan kualitas pembelajaran.

Penerapan metode ini bertujuan untuk mengubah cara belajar siswa dan cara mengajar guru, yang masih bersita tradisional, karena cara mengajar seperti itu nyata dan jelas hasilnya kurang memuaskan, hal ini sesuai dengan anjuran ahli pendidikan yang menyatakan bahwa “proses belajar mengajar dimasa kini harus diubah mulai dari metodologi dan tekniloginya, barus setelah itu kurikulum dan materi .... (Surya: 2001:14)

1.1  Hipotesis tindakan  
Berdasarkan kerangka pemikiran diatas, maka hipotesis tindakan secara umum dirumuskan sebagai berikut “Penggunaan pembelajaran dengan metode demonstrasi kecakapan (modelling the way) secara positif dapat meningkatkan kemampuan menulis buku harian pada siswa SMP Negeri 3 Kawali”.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top