Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Friday, June 13, 2014

TEORI POLITIK ISLAM

Dasar-Dasar Islam
Sedini mungkin perlu kiranya kita pahami bahwa Islam bukanlah sekumpulan gagasan yang tidak saling berkaitan atau cara-cara perilaku yang tidak saling melekat bertautan. Islam justru merupakan tatanan yang sempurna, keseluruhan yang bulat, yang mendasarkan diri pada himpunan postulat-postulat jelas yang pasti. Baik semua ajaran utamanya maupun aturan-atura tindakannya yang terinci, digali dari, dan secara logis, dikaitkan dengan prinsip-prinsip dasarnya.

Misi Para Nabi
 Misi seorang nabi adalah untuk mengajarkan Islam, menanamkan ajaran-ajaran Allah dan menegakkan tuntunan Ilahi di dunia ini. Hal ini merupakan misi semua nabi yang telah diturunkan Allah ganti-berganti semenjak manusia pertama turun ke bumi sampai turunnya Nabi Besar Muhammad SAW. Kenyataannya, misi semua nabi adalah sama dan satu mengajarkan Islam. Dan rasulullah Muhammad adalah nabi penutup di antara rangkaian nabi tersebut.

Tujuan Negara Islam yang dapat dibentuk berlandaskan Al-Qur’an dan Al-Sunnah juga telah diberikan Tuhan. Al-Qur’an menyatakan :

“Sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul Kami dengan membawa mukjizat-mukjizat yang gambling. Dan telah Kami turunkan pula Kitab-Kitab Syariah dan keadilan bersama mereka, agar masyarakat manusia dapat berdiri seutuhnya. Oleh sebab itu, Kami telah menciptakan besi untuk dijadikan alat senjata yang hebat, juga untuk keperluan lainnya bagi kehidupan manusia, supaya Allah mengetahui siapa yang telah membantu-Nya menegakkan Agama Allah dengan mengganyang musuh-musuh-Nya dan sekaligus membantu Rasul-Rasul-Nya sekalipun mereka telah tiada.” (QS. 57 : 25)

Dalam ayat ini besi dijadikan sebagai lambing kekuasaan politik. Ayat tersebut juga menjelaskan bahwa misi para Rasul adalah menciptakan kondisi yang di dalamnya masa rakyat akan dijamin keadilan sosialnya dengan norma-norma yang tela dicanangkan. Al-Qur’an yang memberikan perintah-perintah yang jelas untuk mencapai kehidupan yang benar-benar berdisiplin.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top