Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Thursday, March 12, 2015

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Perpustakaan



Selamat pagi hadirin yang saya hormati, 
Pertama-tama saya ucapkan terimakasih kepada yang terhormat dewan juri,hadirin beserta pembawa acara yang telah memberikan kesempatan kepada saya sehingga saya dapat menyampaikan pidato saya ini dihadapan anda sekalian dalam kesempatan kali ini maka untuk mengawali pidato ini izinkanlah saya menhaturkan Pengastungkara panganjali umat Om Swastiastu 

Hadirin yang saya cintai, 
Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersama-sama memanjatkan segala puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat,karunia,dan berkah-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul disini dalam kesempatan yang mulia ini. 

Sebelum memulai pidato ini ,izinkanlah saya memperkenalkan diri saya terlebih dahulu,dewan juri beserta hadirin yang saya hormati perkenalkanlah saya Santhi Pradayini Savitri yang pada kesempatan ini akan membawakan pidato yang berjudul Memanfaataan perpustakaan sebagai upaya meningkatkan budaya membaca menuju masyarakat Indonesia yang cerdas . 

Seyakin yakin nya saya pecaya dengan melalui gemar membaca tentunya mencapai masyarakat yang cerdas dapat tercapai melihat berbagai keuntungan yang bisa kita dapatkan melalui gemar membaca. 

Hadirin yang saya cintai, 
Sebagai manusia biasa yang sarat dengan kesalahan,saya memohon maaf kepada hadirin sekalian jika sikap,tindakan serta ucapan saya membuat tidak berkenaan hadirin sekalian. 
Sekali lagi dari lubuk hati saya yang paling dalam saya memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kesalaha-kesalahan dalam pidato saya ini. 

Hadirin yang saya banggakan, 
Kita menyadari bahwa sekarang ini bangsa kita sedang berada dalam masa perkembangan dan pembangunan dimana banyak sekali terjadi pembangunan-pembangunan di setiap sektornya yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah,demi terwujudnya bangsa Indonesia yang maju termasuk juga halnya dalam memajukan sumber daya manusia kita,karena apabila sumber daya manusia kita tidak kunjung maju maka suatu bangsa yang maju amatlah sulit untuk dicapai. 

Sehubungan dengan pencapaian sumber daya manusia yang maju dan cerdas tersebut pemerintah telah melakukan banyak sekali program-program perbaikan khususnya dalam bidang pendidikan karena melalui pendidikanlah sumber daya manusia yang maju itu dapat terwujud.Salah satu langkah pemerintah dalam rangka mencerdaskan bangsanya adalah dengan membuka perpustakaan di berbagai daerah di Indonesia.seperti yang kita ketahui perpustakaan ialah tamannya dari berbagai macam ilmu pengetahuan yang tertata rapi di dalam buku-buku yang terpajang dengan indah diperpusatakaan.Oleh karena itu untuk membuka wawasaan kita dan untuk memperoleh pengetahuan sudah sepatutnya kita gemar membaca dan keperpustakaan. 

Namun pada kenyataan,Amatlah sangat sedikit orang yang menyadari akan pentingnya perpustakaan,dan hanyalah segelintir orang yang menyadari akan pentingnya membaca.Contohnya ketika di suatu sekolah terdapat jem-jam kosomg muri-murid lebih cenderung memanfaat kan waktu luang mereka dengan menautak-atik benda-benda berteknologi yang mereka punya dibandingkan pergi keperpustakaan dan membaca suatu hal baru yang tentunya dapat menambah wawasan kita.Tentu nya hal ini sudahlah cukup membuktikan bahwa minat membaca dari masyarakat kita sangatlah minim sehingga upaya mencerdaskan bangsa melalui membaca tentunya akan terhambat. 

Hadirin yang saya cintai, 
Sangatlaah disayangkan apabila kita menyia-nyiakan begitu saja fasilitas yang telah tersedia untuk kita sekarang ini ” PERPUSTAKAAN”sesungguhnya semakin banyak kita membaca maka semakin banyak pula ilmu pengetahuan yang bisa kita dapatkan.oleh karena itu suatu tindakan yang sangatlah keliru jika kita tidak menanamkan budaya membaca dalam diri kita sesegera mungkin.Mengingat manfaat dan pentingnya membaca dalam hidup kita saat ini.Adapun manfaat dan pentingnya membaca yang dapat saya sampaikan yaitu sebagai berikut : 
  1. Membaca dapat memperluas wawasan dan pengetahuan kita terhadap suatu hal
  2. Dengan membaca kita dapat meningkatkan daya konsentrasi dari otak kita, Karena dalam membaca kita dituntut untuk berkonsentrasi agar pikiran kita dapat Terfokus dengen materi yang kita baca sehingga materi yang kita baca dapat diserap oleh otak kita 
  3. Dengan membaca dapat meningkatkan kemampuan kita dalam berbicara,karena Dalam berbicara yang baik dan benar dibutuhkan berbagai metode,kosakata yang bisa kita dapatkan melalui membaca 
  4. Membaca dapat meningkatkan kemampuan daya ingat dari otak kita, karena Dalam membaca otak kita akan berusaha untuk mengingat apa yang telah dibaca 
  5. Membaca membuat kita mengetahi perkembangan Zaman,karena kita dapat Membandingkan kenyataan yang terjadi di sekitar kita dengan materi yang terdapat dalam bacaan tersebut contohnya melalui koran. 
Sehingga dapat saya simpulkan bahwa membaca tentunya dapat meningkatkan kecerdasan kita apabila kita selalu melatih membaca secara terus menerus. 

Hadirin yang saya banggakan, 
Melihat begitu banyaknya menfaat yang bisa kita dapatkan melalui membaca tentu sudah sepatutnya kita merealisasikan slogan ”Tiada hari tanpa Membaca” dan ” Menuju gemar kunjungan perpustakaan ”sehingga slogan ini tidaklah lagi sekedar slogan yang hanya terus menerus didengungkan,meleinkan sebagai imbauan yang bernilai lebih dan harus di realisasikan. 

Dengan demikian berbagai cara berfikir yang keliru yang menyebutkan bahwa orang yang pergi ke perpustakaan hanyalah orang yang Kutu Buku dan ketinggalan Zaman sudahlah seharusnya dihentikan ,karena jika tetap berfikir secara seperti itu sama saja halnya dengan tidak ingin Maju.Bukankah kita ingin negara kita maju? 

Hadirin yang saya cintai, 
Mengenai Masalah enggannya masyarakat khususnya generasi muda kita dalam membaca sesungguhnya dikarenakan oleh membaca itu sendiri yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar,cenderung membosankan,dan membuat badan kita menjadi lelah ,Namun jangan lah kita melihat hanya dari satu sisi saja,lihatlah manfaat yang akan kita dapat kan dengan rajin membaca.Ingatlah untuk mencapai suatu kesuksesan dibutuhkan suatu pengorbanan,dan untuk mencapai kesuksesan itu sendiri tidaklah semudah membalikan telapak tangan kita. 

Sehubungan dengan bulan gemar membaca dan hari kunjung perpusatakaan,seperti yang akan kita laksanakan dibulan september kali ini.Marilah kita niatkan dan serukan pada diri kita sendiri untuk berperan aktif dalam usaha mencerdaskan bangsa melalui gemar membaca dan perpustakaan. 

Demi terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas maka Marilah kita budayakan membaca pada diri kita sendiri sedini mungkin. 

Hadirin yang saya hormati, 
Demikianlah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini,mohon maaf jika terdapat hal-hal yang membuat hadirin sekalian tidak berkenaan,sekali lagi dapat saya tekankan” Marilah kita Budayakan membaca sedini mungkin demi kehidupan yang lebih baik lagi” 

Terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu Dewan Juri beserta hadirin berikan dan akhir kata saya tutup dengan Parama Santih... 

Om Santih Santih Santih Om.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top