Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Wednesday, October 28, 2015

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar

Pidato Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar - Pidato adalah suatu ucapan yang telah disusun untuk disampaikan kepada orang banyak.  Sebuah pidato yang baik harusalah memberikan suatu kesan positif terhadap orang-orang yang menyimak pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

Tujuan Pidato

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :

  1. Mempengaruhi orang lain supaya mengikuti kemauan kita
  2. Memberi suatu informasi pada orang lain.
  3. Membuat orang lain terhibur atau senang dengan pidato yang menghibur.
Jenis-Jenis Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :

  1. Pidato Pembukaan, adalah pidato yang dibawakan oleh pembaca acara
  2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  3. Pidato Sambutan, pidato untuk menyambut sesuatu pada suatu pertemuan.
  4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang penting untuk meresmikan sesuatu.
  5. Pidato Laporan, yakni pidato ysng idinys melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.


D. Metode Pidato
Teknik atau metode dalam membawakan suatu pidatu di depan umum :

  1. Metode menghapal, yaitu pidato dihafalkan kata per kata.
  2. Metode serta merta, yakni pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. 
  3. Metode naskah, yaitu berpidato dengan melihat naskah yang telah dibuat
Berikut ini Contoh Pidato Bahasa Indonesia Yang Baik Dan BenarAssalamu'alaikum wr.wb
Hadirin yang saya hormati dan saya banggakan, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Swt karena di pagi yang cerah ini kita masih bisa berkumpul dan melakukan segala aktivitas kita dengan sehat walafiat.

Hadirin sekalian, pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan pidato saya yang berjudul "Gunakanlah Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar". Kita semua tahu bahwa pada jaman sekarang ini sangat banyak generasi muda maupun orang tua yang menggunakan bahasa Indonesia tetapi tidak seperti aslinya. Sebagai contoh yaitu kata banget, alay, gue, loe, lebay, nyokap, bokap, dan masih banyak lagi. Penulisannya juga banyak yang salah seperti mau jadi mao, aku jadi aqueh, belum jadi belon, dan masih banyak lagi.

Mungkin bahasa tersebut dianggap keren, gaul, modern. Bahkan ada yang beranggapan kalau kita khususnya anak muda tidak berbahasa seperti itu, maka kita dianggap gak gaul, kampungan, kuno, dan sebagainya.

Padahal sebagai bangsa Indonesia, kita harus menjujung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan juga sebagai Identitas negara. Jika kita menyepelekannya maka kita sama saja merendahkan bahasa kita sendiri dan mungkin merusaknya. Hadirin yang saya hormati dan yang saya banggakan maka dari itu marilah kita gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, pupuklah rasa cinta terhadap negeri kita. Janganlah beranggapan tidak modern, gaul, kuno, karena itu salah besar.

Hadirin sekalian, mungkin itu saja yang bisa sampaikan pada pagi yang cerah ini. Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kata-kata yang salah dan tidak berkenan di hati anda. Terimakasih atas perhatiannya Wassalamu'alaikum wr.wb
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top