Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Thursday, September 8, 2016

Contoh Penyusunan Program Kerja Pemuda Relawan Penanggulangan Bencana

Contoh Penyusunan Program Kerja Relawan Penanggulangan Bencana
Sebuah kegiatan tak lepas dari rencana. Rencana merupakan sebuah titik awal dalam menentukan sebuah pekerjaan. Dari rencana inilah keberhasilan sebuah program akan terlihat, oleh karena itulah rencana memiliki peran penting dalam penyiapan sebuah program kerja.

Program kerja yaitu besaran rencana yang akan dilakukan oleh sebuah lembaga/kelompok untuk menghadapi sesuatu hal dalam rangka mencapai tujuan organisasi

Hal-hal yang perlu disiapkan dalam penyusunan program kerja adala mempertimbangkan :

a. Potensi dan kekuatan yang dimiliki

Sebelum menyusun suatu program kerja maka kita harus mempertimbangkan dan mengenal potensi yang dimiliki misalnya kekuatan apa yang kita miliki, kelemahan apa yang kita punyai, berapa orang kita mempunyai anggota, siapa saja yang bisa di ajak kerjasama, program apa saja yang bisa kita garap, dll.

b.Peluang yang ada
Pertimbangkan hal-hal yang akan memberikan kemudahan dalam pelaksanaan program kita, bagaimana peluangnya bila dilihat dari berbagai hal.

c.Hambatan yang mungkin muncul
Perkirakan hal-hal yang akan menjadi penghambat, rumuskan dan cari alternatif pemecahannya sedini mungkin sehingga kita bisa mempertimbangkan program yang tepat

d.Tangtangan yang ada

Perkirakan hal-hal apa saja yang diinginkan oleh masyarakat, apa yang seharusnya kita lakukan, dan cobalah rumuskan sebaik mungkin apa yang sangat perlu untuk dilakukan.

Berpijak dari keempat hal tersebut paling tidak kita bisa memiliki pegangan dalam menyusun rencana yang akan kita jalankan.

Contoh Format Program Kerja
No
Nama Program
Uraian Kegiatan
Waktu
Petugas
1
2
3
4
5


























Keterangan :
Kolom 1 : di isi dengan nomor urut
Kolom 2 : di isi dengan nama program yang akan dilakauakan
Kolom 3 : di isi dengan jenis kegiatan yang akan dilakukan
Kolom 4 : disi dengan rentang waktu yang direncanakan untuk melakukan kegiatan tersebut
Kolom 5 : sebutkan nama petugas yang akan menjadi penanggungjawab kegiatan/ yang akan melakukan kegiatan tersebut.

Peserta di bagi dalam kelompok, kemudian di tugaskan menyusun program kerja singkat penanggulangan bencana menurut pendapat keolompoknya masing-masing.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top