Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Thursday, December 3, 2015

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN KKN ( KULIAH KERJA NYATA )

 CONTOH PROPOSAL KEGIATAN KKN

A.   Nama Kegiatan

“ Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Pancasakti Tegal ( 21 September – 21 November 2011 ) Tahun 2011 Kelurahan Pesurungan Lor ( Profil Desa Terlampir ) Kecamatan Margadana Kota Tegal Jawa Tengah”.

B.   Latar Belakang Kegiatan

            Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa merupakan aset dalam pembangunan jangka panjang suatu bangsa. Maka dari itu mahasiswa perlu dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan akademik maupun sosiologi dimasyarakat. Hal ini salah satunya dapat diwujudkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui Kuliah Kerja Nyata ( KKN ). dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata mahasiswa dapat memahami posisinya yaitu sebagai Agent of Change yang dapat mengoptimalkan potensi di suatu daerah dan masyarakat melalui program – program yang memiliki kapasitas keilmuan dan karakter intelektual serta mampu terlibat langsung dalam perubahan kearah kemajuan dan kesejahteraan. Kegiatan Kerja Nyata dilakukan untuk membantu masyarakat desa yang sebagian belum bisa membaca dan menulis agar masyarakat desa dapat memiliki kemampuan dasar membaca dan menulis. Kegiatan Kuliah kerja Nyata yang di laksanakan di Kelurahan Pesurungan Lor Kec. Margadana Kota Tegal.
            Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar. Bangsa yang besar tentunya harus memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan selalu dapat menyerap perkembangan informasi serta mengetahui perkembangan teknologi. Kecepatan perkembangan informasi berlipat – lipat bila dibandingkan dengan beberapa abad yang llau. Hal ini dikarenakan kecerdasan manusia yang menciptakan teknologi dan akses penyampaian informasi yang lebih cepat sebagai akibat adanya perkembangan teknologi. Indonesia membutuhkan kreadi, ide, dan perkembangan yang besar demi kemajuan bangsa. Untuk mencapai kemajuan bangsa tersebut maka unsur yang paling utama adalah pada pembentukan sumber daya manusianya. Keseimbangan sumber daya harus terjadi terutama antara masyarakat kota dengan masyarakat desa. Maka akses informasi juga harus dikonsumsi oleh masyarakat desa agar tidak terjadi ketimpangan informasi juga harus dikonsumsi oleh masyarakat desa agar tidak terjadi ketimpangan informasi. Dengan buku kita mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat terutama bagi masyarakat desa.

C.  Landasan Pemikiran

            Membaca adalah salah satu faktor yang perlu dikembangkan dan dibudayakan dalam masyarakat. Seperti Slogan “Banyak Bacaan Banyak Tahu. Dengan Banyak Tahu akan Semakin Maju”. Membaca otomatis tidak dapat lepas dari buku. Dengan membaca maka manusia dapat mengetahui hal – hal yang tidak diketahui yang disebut pengetahuan dan buku merupakan salah satu sumber pengetahuan. Adapun beberapa dasar pemikiran yang melatarbelakangi kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan Bimbingan Belajar Gratis di Kelurahan Pesurungan Lor adalah :
  1. Bahwa berhasilnya pembangunan nasional merupakan tanggungg jawab seluruh lapisan masyarakat sebagaimana tersirat dalam UUD 1945.
  2. Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan pengabdian untuk membantu tercapainya pembangunan dalam masyarakat.
  3. 3. Pengabdian kepada Masyarakat adalah pengamalan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan seni ( IPTEKES ) yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Secara Melembaga dan Langsung kepada Masyarakat untuk ikut serta mensukseskan pembangunan menuju terciptanya manusia Indonesia yang maju, adil, sejahtera berdasarkan Pancasila serta melaksanakan fungsi dinamis intelektual Perguruan Tinggi.

D.  Tujuan

Dalam menunjang Rencana Kegiatan dalam Tim KKN kami, yaitu berupa Bimbingan Belajar Gratis, maka kami membutuhkan Buku – Buku yang dapat menunjang kegiatan KKN kami, yang kami namakan sebagai “Perpustakaan Desa Mini”. Dan memiliki Tujuan antara lain adalah :

  1. Mempermudah anak – anak dan remaja mendapatkan buku referensi sekolah.
  2. Mendekatkan anak – anak dan remaja dengan buku.
  3. Memberikan anak – anak dan remaja kegiatan bermutu lewat membaca.
  4. Meningkatkan kualitas dan kwantitas Perpustakaan Desa Mini sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Desa Pesurungan Lor.
E.   Target
            Dengan adanya Bimbingan Belajar Gratis dan Perpustakaan Desa Mini, diharapkan dapat memberikan sarana belajar dan pengarahan yang mudah untuk meningkatkan minat baca anak – anak Khususnya usia dini, maupun remaja dan dewasa serta masyarakat setempat.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang sudah semakin pesat telah memperngaruhi watak dan kepribadian bangsa khususnya pada anak – anak. Setiap Informasi yang diterima anak – anak tentunya akan diserap lebih cepat dan diolah daripada orang dewasa. Hal ini dikarenakan otak kiri anak – anak yang masih terus berkembang. Otak yang sedang dalam tahap perkembangan perlu dilatih terus menerus dan untuk melatihnya tentu saja otak anak – anak harus diberi asupan wacana yang cukup. Oleh karena itu buku merupakan salah satu media yang tepat sebagai sarana perkembangan otak anak – anak.

F.   Waktu dan Tempat Kegiatan

Waktu              : 21 September – 1 Oktober
Tempat            : Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana Kota Tegal.

G.  Sistem Operasional Perpustakaan

  1. “Perpustakaan Desa Mini” buka setiap hari, dari pagi jam 09.00 – 16.00 WIB kecuali jika ada halangan tertentu dan hari – hari besar.
  2. Siapapun berhak membaca koleksi buku yang dimiliki “Perpustakaan Desa Mini” di Kelurahan Pesurungan Lor.
  3. Koleksi buku bisa di bawa pulang jika memili kartu Anggota.
  4. Setiap Anggota “Perpustakaan Desa Mini” hanya diperbolehkan hanya membawa maksimal 1 buah buku. Hal ini dikarenakan jumlah koleksi buku yang masih terbatas.
  5. Batas waktu membawa pulang buku maksimal satu minggu atau tujuh hari dan bisa diperpanjang untuk satu kali lagi dengan mendaftarkan lagi.
  6. Apabila terlambat mengembalikan buku sesuai jadwal yang ditentukan dikenakan densa sebesar Rp 100,00 / harinya.
H.  Persyaratan Anggota “Perpustakaan Desa Mini”
Peminjam mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang disediakan.
Membayar uang administrasi untuk pembuatan kartu anggota sebesar Rp 1000,00 untuk anak anak usia dini baik cerita buku, maupun cerita bergambar, dan anak – anak sekolah sedangkan untuk dewasa sebesar Rp 2.000,00.

I.     Keorganisasian “Perpustakaan Desa Mini”
Penanggungg jawab penuh “Perpustakaan Desa Mini” dibawah naungan desa.
Pengelola diserahkan pada semua pihak yang punya kepedulian terhadap perkembangan “Perpustakaan Desa Mini” baik perangkat desa maupun karang taruna desa dan anggota.

J.     Rencana Anggaran
Adapun rekapitulasi tentang penggunaan dan anggaran dalam pelaksanaan “Perpustakaan Desa Mini” ini adalah :
Ø  Pengeluaran
  • Buku bacaan sekolah 1000 buku                  Rp 1.800.000,00
  • Buku Cerita atau bergambar 500 buku         Rp 700.000,00
  • Buku Agama 500 Buku                                   Rp 800.000,00
  • Buku Pertanian dan Peternakan 500   buku Rp 800.000,00
  • Buku Keterampilan 500 buku                         Rp 800.000,00
  • Rak buku                                                            Rp 400.000,00
  • Meja bunder dan karpet                                   Rp 300.000,00
Total                                                                Rp 5.600.000

 K.  Kewajiban “Perpustakaan Desa Mini”

  1. Menjaga dan merawat sebaik mungkin koleksi – koleksi buku yang ada.
  2. Pihak “Perpustakaan Desa Mini” Kelurahan Pesurungan Lor menyampaikan perkembangan yang terjadi di perpustakaan rumah baca Mini desa Pesurungan Lor secara kondisional.
Demikianlah proposal kegiatan pengadaan “Perpustakaan Desa Mini”, Perpustakaan desa ini kami susun dengan sebenar – benarnya dan juga merupakan program kerja pendukung dari rencana kegiatan Tim KKN Universitas Pancasakti Tegal. Yang rencana kegiatannya adalah tentang Bimbingan Belajar Gratis Desa Pesurungan Lor. Proposal ini merupakan bentuk kerja peningkatan kualitas desa demi kemajuan masyarakat desa. Kepada semua pihak kami mohon dukungan dan kerjasamanya. Besar harapan kami kalau program ini kami akhirnya dapat bermanfaat bagi pihak – pihak yang mempergunakan fasilitas ini dan agar kecerdasan dan mutu SDM yang berkualitas juga dapat tercapau. Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Esa menerima amal ibadah baik kita semua serta senantiasa memberikan berkah dan petunjukNya sehingga dapat tercapai tujuan sebagaimana mestinya. Amin

Tegal, 14 Agustus 2015
Diketahui oleh Pengurus KKN Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal Jawa Tengah.

Koordinator Desa                                                        Sekretaris


Rizam Mistalam                                                          Yuliana Arifiani
            NIM : 1708501428                                                     NIM : 1308500594


( Lampiran )
PROFIL KELURAHAN PESURUNGAN LOR, KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL, JAWA TENGAH.

Jumlah Penduduk       : 4.803 Jiwa
Luas Wilayah              : + 182,625 Ha
Mata Pencaharian       : Petani, Buruh Tani, Nelayan, Pedagang, Peternak, Pegawai            Negeri Sipil, Industri Pengrajin Telor Asin, Buruh Industri,             dll.
Batas Wilayah             : Sebelah Timur            : Kelurahan Pesurungan Kidul
                                      Sebelah Barat            : Kelurahan Margadana
                                      Sebelah Utara            : Kelurahan Muarareja
                                      Sebelah Selatan         : Kelurahan Sumur Panggang.
Sekolah                       : Pos PAUD Insan Cendikia Pesurungan Lor
                                      Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Baitul Iman      Pesurungan Lor
                                      SD Negeri 01 Pesurungan Lor
                                      SD Negeri 02 Pesurungan Lor
                                      Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Tegal
                                      Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal
Jumlah Penduduk Tidak Tamat SD atau Sederajat                 : 539 Jiwa
Jumlah Penduduk Tamad SD atau sederajat                          : 871 Jiwa
Jumlah Penduduk Tamat SLTP atau sederajat                        : 238 Jiwa
Jumlah Penduduk Tamat SLTA atau sederajat                       : 149 Jiwa
Jumlah Penduduk Tamatan Akademi / Perguruan Tinggi       : 33 Jiwa
  
( Lampiran )

Rencana Anggaran untuk Perpustakaan Desa Mini Pesurungan Lor

  • Buku bacaan sekolah 1000 buku                   Rp 1.800.000,00
  • Buku Cerita atau bergambar 500 buku          Rp 700.000,00
  • Buku Agama 500 Buku                                  Rp 800.000,00
  • Buku Pertanian dan Peternakan 500   buku Rp 800.000,00
  • Buku Keterampilan 500 buku                        Rp 800.000,00
  • Rak buku                                                       Rp 400.000,00
  • Meja bunder dan karpet                                 Rp 300.000,00
Total                                                                Rp 5.600.000


Sekian mengenai CONTOH PROPOSAL KEGIATAN KKN ( KULIAH KERJA NYATA ) semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya.



Facebook Twitter Google+
 
Back To Top