Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Tuesday, May 5, 2015

Tugas Suami dan Isteri dalam Keluarga

Tugas Suami dan Isteri dalam KeluargaMenjadi keluarga yang  Samawa ( sakinah, mawadah, dan warohmah)  adalah impian semua orang yang telah melaksanakan atau merencanakan suatu pernikahan. Karena apabila kita berhasil meraih apa yang dinamakan Samawa ( sakinah, mawadah, dan warohmah)  sudah pasti pernikahan itu akan menghasilkan sebuah keluaraga yang harmonis, penuh kedamaian, ketentraman dan kebahagiaan bukan dunia saja melainkan akhirat. Lalu, bagimana caranya kita bisa menjadikan pernikahan itu menghasilkan keluraga Samawa ( sakinah, mawadah, dan warohmah)  ?

Berikut ini cara menciptakan keluarga yang Samawa ( sakinah, mawadah, dan warohmah) di tinjau dari tugas dan kewajiban seorang isteri kepada suami begitupula tugas dan kewajiban suami kepada Isteri.

A.   Tugas dan Kewajiban Isteri :

1.    Menjadi Pendamping Suami.

Untuk dapat menjadi seorang isteri y ang berhasil, seorang wanita harus bisa merebut hati suaminya dan menjadi sumber kesenangan baginya. Ia harus selalu mendorong suaminya untuk melakukan perbuatan- perbuatan yang baik dan menghindarkannya dari perbuatan Dosa.

2.    Mengungkapkan rasa cinta kepada suami.

Seorang suami membutukan rasa cinta dan kasih saying. Setiap siang dan malam suami berjuang keras untuk mencari nafkah dan menyenangkan hati isterinya. Maka seorang isteri harus bisa menunjukan penghargaan dengan memberikan cinta dan kasih sayang kepada suami . Niscaya, suami juga akan memberikan cinta dan kasih sayang yang sama bahkan lebih kepada isterinya. Cinta adalah hubungan dua arah yang mempersatukan dua hati.

3.    Menjaga Kehormatan Suami

Keingingan untuk dihormati dan dihargai adalah sesuatu yang wajar tetapi tidak semua orang siap memberikannya. Menghormati dan menghargai suami tidak akan membuat isteri rendah, tetapi ini akan memberikan tenaga dan dorongan untuk suamidalam berjuang mencapai kehidupan yang lebih baik. Jangan memotong pembicaraan ketika suami sedang berbicara kepada isteri, perlakukanlah suami dengan sopan dan penuh hormat dan jangan berteriak kepadanya.

4.    Jangan Mengeluh Dan Mengumbar Penderitaan Kepada Semua Orang.

Dalam kehidupan tak ada manusia yang tidak luput dari persoalan dan penderitaan. Siapapun ingin mempunyai tempat mengeluh dan mendengarkan semua persoalannya. Tetapi harus diingat segala sesuatu ada waktu dan tempat semdiri- sendiri. Seorang isteri harus tahu waktu, tempat, kepada siapa harus mengeluh. Carilah kesempatan yang tepat dan kemudian ceritakanlah semua masalah dan persoalan dengan sebaik- baiknya, tidak dengan cara mengeluh tapi dengan cara meminta bantuan pemecahan. Maka dengan cara ini ikatan keluarga akan tetap kuat dan aman.

5.    Bersikapalah Menyenangkan Suami

Isteri harus bisa menyenangkan hat suaminya. Isteri yang menyenangkan akan membuat suami kebal terhadap kekacauan jiwa karena sikap hidup mereka adalah mengatasi kesulitan dengan tenang dan pikiran yang jernih sehingga semua kesulitan mudah untuk selalu diatasi.

6.    Berhematlah Dengan Pengeluaran

Isteri adalah ibu rumah tangga maka bersikaplah bijaksana dan penuh pengertian. Pintar- pintarlah memanajemen keuangan rumah tangga. Hitunglah pengeluaran rumah tangga dengan sebaik- baiknya. Janganlah bersaing dan iri dengan mereka Ibu- ibu yang lebih dari kita. Janganlah memaksa suami untuk membelikan barang yang tidak terjangkau oleh kemampuan suami dan memaksanya untuk berutang. Lebih baik menunggu pendapatan suami bertambah dan berkumpul jika seorang isteri ingin membeli kebutuhan –kebutuhan yang lain.

7.    Jadilah kesenangan untuk suami.

Ketika suami pulang kerumah, cobalah untuk menyambutnya dengan hangat dan memberikan senyuman. Bila ia sedang berbicara jadilah pendengar yang sabar dan penuh perhatian. Bantulah suami untuk maju agar bisa menggapai kehidupan yang lebih baik lagi.

8.    Jangan Membicarakan Kelemahan Dan Kekurangan Suami

Tidak ada orang yang sempurna. Ada yang tinggi, pendek, hitam, putih, gemuk, kurur dll. Semua manusia baik itu lak- laki atau perempuan pasti memilik kekurangan dan kelebihan masing- masing. Oleh karena itu seorang isteri yang baik harus bisa bersyukur dan menerima segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki suaminya.

9.    Janganlah berpaling kepada laki- laki lain.

Janganlah memikirkan laki- laki lain kecuali suami anda hiduplah dengan rukun dengan suami anda. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW : “ Isteri yang melihat kepada pria lain akan menjadi sasaran siksa Allah yang amat pedih “

10. Bermurah Hati Mau Memaafkan Kesalahan Suami.

Semua manusia tidak luput dari kesalahan dan lupa. Begitupun suami apabila berbuat salah isteri harus bisa memaafkan kesalahan suami. Karena sering terjadi bilamana isteri tidak memaafkan kesalahan suami maka rumah tangga mereka selalu berakhir. Ini sangat disayangkan bila ikatan suci harus berakhir karena isteri tidak mau memaafkan kesalahan suaminya.

B.   Tugas dan Kewajiban Isteri :

1.    Melindungi Keluarga

Kekuatan pikiran seorang laki- laki lebih kuat daripada wanita. Allah menjadikan laki- laki pelindung untuk keluarganya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran “ Kaum Laki- laki adalah pemimpin bagi kau wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka ( laki –laki ) lebih daripada sebagian yang lain ( wanita ). ( Alquran Surat 4 : 34

2.    Merawat Isteri

Kesejahteraan keluarga itu tergantung bagaimana suami merawat isterinya. Seorang suami harus harus bisa memahami tingkah laku dan keingingan isterinya. Suami harus mengatur cara hidup seorang isteri dengan keingingan- keingingannya dan hak- haknya yang sah sesuai agama.

3.    Selalu mencintai Isteri

Hati wanita dikuasai oleh perasaan. Isteri akan selalu mengharapkan cinta yang lebih daripada yang diterimanya dari orang tua dan sahabt- sahabatnya. Bila suami tidak memberikan kasih sayang kepada isteri, maka isteri akan kehilangan daya tarik kepada rumahnya, anak-anaknya, dan suaminya. Isteri tidak akan sudi melakukan usaha untuk seseorang yang tidak mencintainya. Bila ini terjadi rumah tangga tidak akan mendapatkan kebahgiaan walaupun berada dalam rumah yang sangat megah dikelilingi harta yang melimpah dengan barawng- barang yang mewah.

4.    Hormatilah Isteri Dengan Sepenuh Hati

Setiap isteri pasti ingin selalu dihormati. Hatinya akan terluka bila dihina dan diremehka. Isteri akan senang bila dihormati oleh suaminya dan akan merasa benci terhadap suami yang menyakiti dan menghinakannya. Jangan putus hubungan dengan isteri manakala suami sedang bepergian  atau melaksanakan tugas jauh dari rumah. Berikanlah kabar kepadanya.

5.    Perlakukanlah Dengan Baik Seorang  Isteri

Setiap orang pasti pernah menjumpai banyak kesulitan. Ketika suami ditimpa kesulitan janganlah menyalahkan orang lain apalagi isteri anda. Meluapkan perasaan marah tidak akan menyelesaikan masalah malah akan menambah masalah. Suami harus bisa mengendalikan diri dari perasaan emosi atau marah ketika ditimpa berbagai kesulitan. Berpikirlah secara bijaksana, janganlah menyalahkan orang lain apalagi isteri. Hadapi semua kesulitan- kesulitan itu dengan tenang, pikiran jernih sehingga kesulitan itu dapat mudah dicari pemecahannya.

6.    Selalu Tenangkan Isteri dan Bersimpatilah Kepadanya.

Tidak berbeda dengan Laki- laki, seorang isteri juga mengalami perubahan emosi dalam problema rumah tangga. Maka ketika ini terjadi suami harus bisa menenangkan hati isterinya. Seorang suami harus bisa menghiburnya dan cobalah bisa memahami kemarahannya. Ucapkan salam dan berbicaralah dengan penuh senyuman. Dengarkanlah permasalahan seorang isteri dan bersimpatilah kepadanya.

7.    Janganlah Mencari Kesalahan dan Kekurangan Isteri

Semua manusia baik itu lak- laki atau perempuan pasti memilik kekurangan dan kelebihan masing- masing. Oleh karena itu seorang suami yang baik harus bisa bersyukur dan menerima segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki suaminya. Tidak ada seorang yang sempurna dan tidak ada orang yang dapat dikatakan sempurana di dunia ini. Semua manusia pastilah mempunyai kelebihan dan kekurangan masing- masing.

8.    Maafkanlah Kesalahan- kesalahan Seorang Isteri.

9.    Bersikaplah Penuh perhatian

10. Berterimakasihlah kepada Isteri dan Jadilah Suami yang setia.

Facebook Twitter Google+
 
Back To Top