Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Friday, January 16, 2015

“PENINGKATAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIASI ALAM DI KELAS X 1 MA MAARIF LAKBOK”

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Bahasa dapat diungkapkan secara lisan maupun tulisan. Penggunaan bahasa perlu memiliki kemahiran dan penguasaan yang aik, agar apa yang disampaikan melalui lisan maupun tulisan tersebut dapat dimengerti dan dipahami lebih baik oleh pembaca maupun pendengar.
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa dan merupakan suatu kegiatan yang mempunyai hubungan dengan proses berpikir serta keterampilan ekspresi dalam bentuk tulisan walaupun menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa, tetapi dalam proses pembelajaran bahasa tidak mungkin dipisahkan dengan keterampilan berbahasa yang lain seperti mendengarkan, berbicara dan membaca. Keempat keterampilan berbahasa itu terdapat saling melengkapi.
Beberapa indikasi yang diasumsikan sebagai penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis dalam menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana/ paragraf , yaitu: (1) guru dalam menyampaikan materi pelajaran terlalu menitikberatkan pada penggunaan metode ceramah, sebagian besar waktu dipergunakan untuk penyampaian materi pelajaran tanpa memberi kesempatan siswa untuk belajar menerapkan dan mengembangkan materi pelajaran yang diperolehnya; (2) penekanan proses pembelajaran lebih terfokus pada aspek kognitif (penguasaan pengetahuan) tentang menulis buku harian; (3) hubungan guru dengan siswa dalam aktivitas proses belajar mengajar relatif bersifat formal dan kaku, dan (4) pendekatan proses pembelajaran yang dipergunakan guru lebih mengarah pada isi buku teks yang telah ditentukan sehingga membuat siswa relative pasif. Dari hasil refleksi tersebut, maka perlu bagi penulis untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan pembelajaran keterampilan menulis buku harian pada siswa kelas X di tingkat SMA.
Dasar pertimbangan penulis itulah dipilih kurangnya pendekatan yang diterapkan guru pada pembelajaran kontekstual dalam keterampilan menulis dalam menyunting paragraf, Dengan demikian belajar secara kontekstual belajar tidak akan mengeluarkan potensi seorang siswa secara alamiah.
Berdasar pertimbangan atau alasan dipilihnya penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pelajaran keterampilan bahasa Indonesia tersebut, maka diharapkan terdapat peningkatan keterampilan dalam menulis bahasa Indonesia yang diterapkan dalam aspek pembelajaran menulis  Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana dielas XMA Maarif Lakbok. Di dalam penelitian ini juga peneliti ingin mencoba mengeksplorasi gaya/sikap peneliti dalam melakukan perubahan kesan teknis mengajar, secara inspiratif untuk meningkatkan peningkatan kemampuan menulis paragraf. Dengan adanya empiris, peneliti memberikan judul pada penulisan ini dengan judul: “PENINGKATAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIASI ALAM DI KELAS X 1 MA MAARIF LAKBOK”

1.2  Rumusan Masalah
Merumuskan masalah sebagai berikut.
1)      Bagaimana perencanaan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan mediasi lingkungansiswa kelas X 1 MA Maarif Lakbok?
2)      Bagaimanakah proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan mediasi lingkungansiswa kelas X 1 MA Maarif Lakbok?
3)      Bagaimanakah hasil kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X 1 MA Maarif Lakbok.

1.3  Tujuan Penelitian
Mengacu kepada kondisi dari objek penelitian yang akan dilakukan dan masalah yang akan diteliti pada lokasi yang ditetapkan, maka diharapkan hasil dari penelitian ini, akan memperoleh gambaran kondisi objektif mengenai
hal-hal  sebagai  berikut
1. Memperoleh peningkatan kemampuan siswa dalam memanfaatkan mediasi lingkungan di kelas X I MA Maarif Lakbok.
2. Memperoleh proses pembelajaran dalam memanfaatkan mediasi lingkungan di kelas X I MA Maarif Lakbok.

1.4  Manfaat Penelitian
1) Manfaat Praktis: Kemampuan siswa dalam menulis paragraf semakin meningkat.
2) Manfaat Teoritis: Guru dapat menentukan pendekatan pembelajaran menulis paragraf. Guru menjadi termotivasi untuk melaksanakan proses belajar mengajar yang lebih variatif dan inovatif dengan mediasi lingkungan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru, siswa, dan sekolah.
1.      Bagi Guru
a.       Memperbaiki mutu kinerja atau meningkatkan proses pembelajaran secara berkesinambungan.
b.      Mengembangkan keterampilan guru dalam menghadapi permasalahan yang nyata dalam proses pembelajaran di kelas.
c.       Meningkatkan profesionalisme guru
2.      Bagi Siswa
a.       Meningkatnya kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi.
b.      Dapat mengembangkan kemampuan menulis paragraf deskripsi untuk kemudian hari, dengan memanfaatkan teknik yang sama.
3.      Bagi Sekolah
a.       Membantu tanggungjawab sekolah dalam memperlancar pelaksanaan kurikulum
b.      Membantu sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan


1.5. KERANGKA BERFIKIR
Tindakan pemecahan masalah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Kemampuan siswa dalam menulis paragraf semakin meningkat. Guru menjadi termotivasi untuk melaksanakan proses belajar mengajar yang lebih variatif dan inovatif dengan mediasi lingkungan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru, siswa, dan sekolah.

1.6. HIPOTESIS

Jika guru melaksanakan proses menulis paragraf deskripsi dalam mengapresiasi pementasan drama melalui media para pementas drama dari luar kelas, maka hasil belajar siswa akan lebih meningkat. Hasil belajar siswa akan lebih baik setelah melakukan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media alam, hal ini dapat dikaji melalui perbandingan hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top