Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Sunday, March 1, 2015

Contoh Abstrak Skripsi Penggunaan Media Kertas Berpetak untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengukuran Luas Daerah Bangun Datar

Lani Lestari. (2010). “Penggunaan Media Kertas Berpetak untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengukuran Luas Daerah Bangun Datar.” (Pembimbing I Prof. Dr. Cece Rakhmat M.Pd. dan Pembimbing II  Drs. Yusuf Suryana M.Pd.).

ABSTRAK
  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas III Sekolah Dasar  yaitu rendahnya kemampuan dan pemahaman siswa dalam pengerjaan konsep pengukuran luas daerah bangun datar pada materi pembelajaran matematika. Rendahnya kemampuan siswa dalam pengerjaan bangun datar disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya guru yang tidak menggunakan alat atau media pembelajaran dalam pembelajaran matematika sehingga pembelajaran menjadi kurang aktif dan membuat siswa jenuh. Akibatnya kemampuan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika tidak memberikan hasil yang memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran, meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan siswa dalam pengerjaan konsep pengukuran luas daerah bangun datar dengan menggunakan media kertas berpetak. Melalui penggunaan media kertas berpetak diharapkan pembelajaran akan menjadi lebih aktif dan bermakna bagi siswa sehingga pada akhirnya akan mampu memberikan dan  meningkatkan hasil belajar siswa dalam pengerjaan pengukuran luas daerah bangun datar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dari Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus penelitian dimana setiap siklus difokuskan pada materi bangun datar dengan menggunakan media kertas berpetak. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sukarapih Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya dengan subjek penelitian yaitu kelas III.   
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media kertas berpetak telah berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam pengerjaan konsep pengukuran luas daerah bangun datar pada materi bangun datar. Hal ini terbukti pada hasil penilaian perencanaan, pelaksanaan dan kemampuan atau hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklus penelitian. Perencanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 91,67%. Kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran pada siklus I mencapai 72,40% sedangkan pada siklus II mencapai target 89,66%. Sementara kemampuan atau hasil belajar siswa dalam pengerjaan luas bangun datar pada siklus I mencapai 61,66% dan pada penelitian siklus II mengalami peningkatan menjadi 67,30%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kertas berpetak matematika dapat diterapkan khususnya oleh guru kelas III SD Negeri Sukarapih Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pengerjaan konsep pengukuran luas daerah bangun datar.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top