Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Sunday, March 1, 2015

CONTOH CATATAN PENGAMATAN OBSERVASI DI LAPANGAN

CONTOH CATATAN PENGAMATAN OBSERVASI DI LAPANGAN

Hari/tanggal : Kamis / 5 November 2009
Waktu : 09.45-10.20 WIB

Deskripsi :
Pada saat saya melaksanakan pembelajaran di kelas IV SDN 1 Asem dengan materi tentang system pemerintahan pada pelajaran PKn. Pada awal kegiatan pembelajaran saya melaksanakan appersepi dengan membuka beberapa pertanyaan pancingan agar siswa termotvasi untuk bertanya lebih lanjut. Beberapa siswa dapat menjawab pertanyaan saya tetapi sebagian besar siswa asik dengan urusannya masing-masing. Kemudian saya coba mengarahkan ke Fokus materi ini dengan bercerita tentang berita mengenai pelantikan anggota dewan. Namun usaha untuk membuat siswa mengarahkan perhatian kepada pembelajaran yang diharapkan rupanya mengalami kesulitan. Beberapa kali saya mengambil perhatian mereka namun materi yang saya ajarkan rupanya terlalu sulit untuk dipahami.

Pada kegiatan inti saya melakukan eksplorasi mengenai pembelajaran dengan menjelaskan fungsi bupati dan lembaga-lembaga pemerintahan lainnya dengan menggunakan metode ceramah. Setelah selesai menjelaskan lembaga-lembaga pemerintahan kemudian saya menunjuk beberapa orang untuk maju kedepan untuk memainkan peran sebagi Bupati, Ketua DPRD dan Dinas-dinas di lingkungan Kabupaten Cirebon. Kemudian saya jelaskan bahwa orang-orang tersebut adalah pemimpin di kabupaten cirebon terdiri dari legislative dan eksekutif dan pemimpin yang mengatur lembaganya dan tunduk kepada undang-undang dasar 1945. sebagian siswa memperhatikan dan sebagian besar lainnya sibuk dengan urusannya masing-masing.

Setelah mengeksplorasi materi pembelajaran, kemudian saya membimbing siswa untuk mau berdiskusi dengan beberapa pertanyaan yang telah saya siapkan sebagai bahan untuk diskusi.

Perjalanan diskusi inipun tidak sesuai yang diharapkan, siswa hanya mau mengeluarkan pendapat atau berbicara jika guru bertanya. Keadaan siswa yang pasif ini menuntut saya untuk terus melakukan percobaan dengan berbagai cara agar siswa mau aktif dan berfikir sesuai dengan fokus pembelajaran.

Setelah siswa diarahkan untuk diskusi kemudian saya mencoba untuk menggali kemampuan siswa dalam memahami materi dengan mencoba menyimpulkan bersama-sama dengan siswa mengenai materi pembelajaran. Tetapi siswa yang mau terlibat menyimpulkan materi dengan bersama-sama hanya sebagian siswa saya. Sebagian siswa lainnya hanya melamun dan beraktivitas sendiri.

Tahap akhir dari kegiatan pembelajaran ini saya gunakan untuk membagikan soal-soal evaluasi untuk dikerjakan oleh siswa secara individu. Tujuannya agar saya dapat mengetahui siswa mana saja yang dapat menyerap pembelajaran dengan baik dan siswa manasaja yang sulit menyerap pembelajaran.dan setelah siswa selesai menjawab soal, saya bahas soal tersebut dengan memberitahukan jawabannya agar siswa mengatahui jawaban mereka benar atau salah. Selanjutnya hasil pekerjaan siswa saya jadikan acuan untuk pembelajaran IPS selanjutnya. Dan setelah pembelajaran berakhir saya memberika tugas-tugas PR kepada siswa untuk mencari artikel pada majalah dan surat kabar mengenai lembaga-lembaga Negara. 

Waktu yang dialokasikan dalam RPP pada pembelajaran IPS di kelas IV ini. Pada pelaksanaannya tidak sesuai dengan yang direncanakan sehingga yang rencananya habis pada kegiatan inti ternyata pada kegiatan akhir guru membutuhkan waktu tambahan untuk melakukan evaluasi dan membahasnya..

Demikian deskripsi pembelajaran PKn yang dilakukan oleh saya selaku guru kelas IV SDN 1 Asem Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon dengan topik sistem Pemerintahan.

Cirebon, 5 November 2009
Peneliti,



Ade Hikmat
NIM. 0709760
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top