Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Friday, January 15, 2016

Contoh Laporan Observasi Pembelajaran Tematik di SD


BAB 1
PENDAHULUAN

A.   Latar belakang
Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran bermakna bagi siswa. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu. Oleh karena itu, guru harus merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar siswa. Pengalaman belajar menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual yang menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Kaitan konseptual antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga siswa memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan, selain itu, dengan penerapan pembelajaran tematik disekolah dasar akan sangat membantu siswa, hal ini dilihat dari tahap perkembangan siswa yang, masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan.
Dalam menentukan tema yang bermakna, kita harus memperhatikan dan mempertimbangkan pemikiran konseptual, pengembangan keterampilan dan sikap, sumber belajar, hasil belajar yang terukur dan terbukti, kesinambungan tema, kebutuhan siswa, keseimbangan pemilihan tema, serta aksi nyata.
Dalam memilih tema, guru perlu memperhatikan kebutuhan siswa. Apakah tema yang kita pilih bisa menjawab kebutuhan siswa. secara kognitif, Gardner (2007 ) dalam bukunya Five Minds For The Future menyebutkan bahwa manusia pada era informasi ini harus dibekali lima cara berfikir, yaitu: pikiran yang terlatih, terampil, dan disiplin, pikir mensintesis; pikiran mencipta; pikiran merespek, dan pikiran etis. Apakah tema yang dipilih sudah bisa membekali siswa dengan lima cara berfikir untuk masa depan. Kebutuhan siswa yang lain bisa juga dilihat melalui perkembangan psikologi (imajinasi), perkembangan motorik, dan perkembangan kebahasaan siswa.

B.   Identifikasi dan Perumusan Masalah
Dari penjabaran dalam latar belakang, maka yang menjadi permasalahan adalah sebagai berikut:
1.  Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik di SD?
2. Bagaimana pembuatan dan sistematika RPP dalam pembelajaran tematik di SD?

C.   Tujuan Penelitian
Adapun tujuannya adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan wawasan mengenai pembelajaran tematik di SD
  2. Meningkatkan profesionalisme calon guru SD
  3. Meneliti kekurangan dan kesalahan yang terjadi di lapangan
  4. Sebagai syarat tugas mata kuliah Pembelajaran Terpadu.
D.   Manfaat Penelitian
Melalui makalah ini diharapkan:
  1. Mahasiswa calon guru SD mengetahui seluk beluk mengenai pembelajaran tematik di SD.
  2. Mengetahui solusi terhadap kesalahan yang terjadi di lapangan.
  3. Memiliki kompetensi mengajar yang lebih baik khususnya dalam pembelajaran tematik.
E.    Pelaksanaan Penelitian
Hari          : Jum’at
Tanggal    : 15 April 2011
Tempat     : MI Sindangraja

F.    Metode Penelitian
Pelaksanaan pembelajaran tematik di MI sindangraja belum optimal, dikarenakan dalam waktu dekat ini pembelajaran tematik diterapkan, pelaksanaan observasi pada hari jum’at maka guru kelas dengan senang hati mempraktekan pembelajaran tematik meski dengan waktu yang tidak cukup lama.

BAB II
TINJAUAN TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK

1.IDENTITAS
Tema                    : kegemaran
Kelas /semester     : 3 (tiga) / 2 (dua)
Alokasi Waktu        : 3 X 35 menit
Alat dan bahan      : Buku bahasa indonesia
       Buku PKN
      Gambar-gambar
2.    LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan awal
Kegiatan-kegiatannya sebagai berikut:
  1. Guru mengungkapkan salam pembuka
  2. Guru menyuruh ketua murid memimpin berdo’a
  3. Guru mengisi daftar kelas
  4. Guru menyiapkan materi ajar yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan inti
Kegiatan-kegiatannya sebagai berikut:
  1. Guru Bertanya kepada murid “apakah kalian tahu berapa besar kekayaan alam di indonesia” ,
  2. Siswa menjawab sepengetahuan mereka
  3. Guru menjelaskan tentang kekayaan alam di indonesia berikut contoh-contohnya.
  4. Guru Bertanya kepada murid “siapa yang pernah bertamasya atau liburan bersama keluarga”, kemudian murid serentak menjawab pertanyaan itu dengan jawaban mereka sendiri
  5. Guru menyuruh siswa membuat karangan tentang pengalaman siswa berlibur atau bertamasya dengan keluarga mereka sendiri dengan waktu yang terbatas,
  6. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru
  7. setelah semua selesai mengerjakan , kemudian guru mengajukan siapa yang mau membacakan karangannya di depan kelas, tidak ada yang mengcungkan tangan lalu guru menunjuk salah satu murid, setelah membacakan ceritanya kemudian semua murid memberi tepuk tangan dengan diawali oleh guru.
  8. Guru menyuruh ketua kelas mengumpulkan hasil karangan teman-temanya dan diletakan di atas meja guru
  9. Guru melakukan evaluasi
  10. Guru membagikan kembali hasil karangan yang sudah di nilai
c.    Kegiatan akhir
Kegiatan-kegiatannya adalah:
  1. Guru membahas hasil karangan siswa , dan memberi kesan penghargaan bahwa semua karangan bagus
  2. Guru menyimpulkan materi, menjelaskan ulang secara singkat tentang kekayaan alam di indonesia, dan tentang cara membuat karangan yang bagus
  3. Guru memberikan PR membuat karangan tentang harapan berlibur ke tempat yang belum tercapai bersama keluarga , di perbolehkan di bantu oleh saudara atau orang tuanya sendiri.
  4. Guru menyuruh menulis pertanyaan tugas tersebut dalam buku.
  5.  Pembelajaran diakhiri dengan salam
3.    Evaluasi

Evaluasi merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh menganalisa dan menafsirkan data tentang kegiatan dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan

Dalam pembelajaran tematik ini. Tahapan evaluasi mengunakan tes tertulis,tes tidak tertulis (lisan) dan tes perbuatan (praktek)

Dalam tertulis berupa soal-soal pilihan ganda dan essay, ulangan harian dan semester,dan tes menggunakan lisan

Dalam tes perbuatan atau praktek murid dapat membacakan karangan yang dibuat oleh dirinya sendiri , guru mengamati mimik. Intonasi, dan gaa dalam karangan tersebut sesuai dengan karakter yang muncul dalam karakter cerita itu sendiri.

Kesimpulannya untuk evaluasi pembelajaran tematik ini dengan menggunakan teknik tes berupa tes tertulis, tidak tertulis/lisan dan tes perbuatan/praktek

4. Pengelolaan kelas
Pengelolaan Kelas adalah berbagai kegiatan yang sengaja dilakukan oleh guru dengan tujuan meciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagai terjadinya proses belajar mengajar. Tempat belajar siswa di MI sindangraja telah dikelola secara optimal sehingga peserta didik nyaman dan menimbulkan motivasi belajar. dan dimanfaatkan sebagai sumber balajar.

Ruangan di kelas ditata semenarik mungkin seperti memajang hasil karya peserta didik. Pengelolaan meja dan kursi disusun sesuai dengan kebutuhan. Pada pembelajaran yang berlangsung seperti kegiatan pembelajaran yang telah dipaparkan maka meja dan kursi disusun secara berkelompok. Tetapi jika dalam pembelajaran membosankan maka Peserta didik tidak harus selalu hanya duduk dikursi, tetapi dapat duduk ditikar atu dikarpet.

Pelaksanaan pembelajaran di MI sindangraja sudah memadai ,berbagai sarana dan prasarana belajar,bebagai sumber balajar, baik yang didesain secara khusus maupun yang tersedia dilingkungan. Pembelajaran nya pun sudah mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran bervariasi,seperti dengan media visual atau audio visual, seperti video gambar,menayangkan foto/gambar tentang materi yang dipelajari , hal itu akan mudah membantu pemahaman siswa.

Pembelajaran tematik bahsa indonesia dan PKN ini dapat dilaksanakan dengan pembelajaran secara individual dan kelompok, dalam pembelajaran secara kelompok minimal dua orang, jika dilaksanakan lebih dari 3 di takutkan pembelajaran ini tidak efisien,siswa akan cenderung bermain-main. Untuk itu guru harus tetap fokus terhadap siswa dalam pembelajaran tematik.

BAB III
SARAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di MI sindangraja sudah terlhat baik, memadukan mata pelajaran PKN dengan bahasa indonesia akan lebih baik jika mata pelajaran di tambahkan dengan IPS karena guru menjelaskan kekayaan alam di indonesia, guru dapat memberi pengetahuan tentang sejarah dari cintoh-contoh kekayan alam di indonesia ataupun tentang uang, semangat bekerja/menabung karena ada sangkut pauntnya dengan bertamasya atau liburan.
Dalam kegiatan awal alangkah baiknya guru mengkondisikan siswa dengan pertanyaan “apakah kalian sudah siap untuk belajar “ kemudian pada saat itu guru menyampaikan tema tentang apa yang akan dibahas.
Dalam kegiatan akhir, guru dapat menyampaikan pesan-pesan moral terhadap murid agar murid merasa  mendapat perhatian dari gurunya.

BAB IV
TINJAUAN TERHADAP RPP

A.   STANDAR KOMPETENSI
I.      IPS
·      Memahami jenis oekerjaan dan penggunaan uang
II.    Bahasa Indonesia
·      Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
·      Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon, bercerita
·      Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana
III.                PKN
·      Memiliki kebanggaan sebagai bangsa indonesia
B.   KOMPETENSI DASAR
I.      IPS
·      Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah\
II.    Bahasa Indonesia
·      Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarkannya
·      Menceritakan peristuwa yangpernah dialami,dilihat atu didengar
·      Menulis karangan sederhana berdasarkan ganbar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat
III.           PKN
·         Mengenal kekhasan bangsa seperti,kebhinekaan,kekayaan alam

I.      TUJUAN PEMBELAJARAN
IPS :
·      Siswa dapat menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan masing-masing
Bahasa indonesia :
·      Siswa dapat menunjukan denah berdasarkan oetunjuk
·      Siwa dapat mengamati dan mengurutkan gambar
·      Siswa dapat membuat karangan sederhana
PKN
·         Siswa dapat menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa indonesia
v  Karakter siswa yang diharapkan :
·      Disiplin
·      Tekun
·      Tanggung jawab
·      Ketelitian
·      Kerja sama
·      Toleransi
·      Percaya diri
·      Keberanian
II.    MATERI POKOK
1.    IPS
·      Jual beli
·      Semangat kerja
2.    Bahasa indonesia
·      Menanggapi cerita
·      Menjawab pertanyaan
·      Menulis karangan

III.  METODE PEMBELAJARAN
1.    Informasi
2.    Diskusi
3.    Tanya jawab
4.    Demonstrasi
5.    Pemberian tugas

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.    Kegiatan awal
Apresepsi  :
·      Mengisi daftar kelas,berdoa,mempersiapkan materi ajar,model dan alat peraga
·      Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat
·      Mengajukan beberapa pertanyaan minggu yang lalu
b.    Kegiatan inti
Pertemuan II : 3x 35 menit (B.indonesia,ips)



v  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa indonesia
·      siswa mengamati dan mengurutkan gambar
·      siswa membuat kalimat tiap-tip gambar sehingga membentuk satu paragrap
pkn
·      guru menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa indonesia
·      siswa menyebutkan hasil karya yang dibuat oleh rakyat indonesia
Ips
·      guru dan siswa mengidentifikasi pasar-pasar yang ada di kota bandung
·      siswa menuliskan perbedaan pasar swalayan dan tradisional

v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi  guru:
·      Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam  melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
·      Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,diskusi,dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
·      Memberi bkesempatan untuk berpikir,menganalisis,menyelesaikan masalah,dan bertindak tanpa rasa takut
·      Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
·      Memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
·      Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
v  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahiu siwa
·      Guru bersama siwa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman ,memberikan penguatan dan penyimpulan.
c.    Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir guru:
·      Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
·      Siswa mwngajukan pertanyaan sekitar materi yang belum pahami, guru menjawabnya
·      Siswa mwngerjakan tugas-tugas yang di berikan guru
·      Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
·      Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
a. Sumber belajar
·      Buku IPS
·      Buku  B. indonesia
·      Buku PKN
·      Media elektronik
b. Alat peraga
·      Gambar
·      Drama
VI. PENILAIAN
Indikator pencapaian kompetensi
tekhnik
Bentuk instrumen
Contoh instrumen

IPS :
·         Menyebutkan nama-nama pasa yang ada di lingkungan rumah masing-masing
Bahasa indonesia
·         Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
·         Mengamati dan mengurutkan gambar
·         Membuat karangan sederhana
PKN
·     Menyebutkan keunikan bangsa indonesia
Tes lisan, tes   tertulis







Uraian isian
·         Sebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan masing-masing




·         Jelaskanlah denah berdasarkan petunjuk
·         Jelaskanlah cara mengamati dan meggambar
·         Buatkanlah karangan sederhana
·         Sebutkan salahsatu keunikan bangsa.
Kriteria penilaian:
1.      Produk (hasil diskusi)
No.
Aspek
Kritria
skor
1.
Konsep
·         Semua benar
·         Sebagian besar benar
·         Sebagian kecil benar
·         Semua salah
4
3
2
1

2.      Performasi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
·         Bekerjasama
·         Kadang-kadang bekerjasama
·         Tidak bekrjasama
·         Aktif berparsitipasi
·         Kadang-kadang aktif
·         Tidak aktif
4
2
1
4
2
1

3.      Lembar penilaian
No.
Nama siswa
kerjasama
partisipasi
Produk
Jumlah skor
Nilai
1
2
3
4
5






            CATATAN
            Nilai = ( jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10

BAB V
SARAN TERHADAP RPP

Contoh Laporan Observasi Pembelajaran Tematik di SD - Dalam penyusunan RPP pembelajaran tematik sudah mencakup beberapa mata pelajaran yang digabungkan akan tetapi masih ada kekurangan yang kurang relevan. Dimana dalam RPP tersebut indikator tidak di masukan, setelah tercakupnya standar kompetensi kemudian kompetensi dasar maka alangkah baiknya indikator dijabarkan dalam isi RPP.

Dalam langkah-langklah pembelajaran ,kegiatan awal, kemudian kegiatan inti. Dalam kegiatan inti, terdapat eksplorasi,elaborasi dan konfirmasi. Tetapi ketiga bagian tersebut hanya dicantumkan pada pertemuan terakhir yaitu pada minggu ke IV, pada minggu I,II.dan III hanya dicantumkan eksplorasi tanpa adanya elaborasi dan konfirmasi.

Dalam konfirmasi kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan oleh guru tetapi oleh peserta didik. Apalagi dalam pembelajaran tematik peserta didik dituntut aktif dalam pembelajaran sehingga kegiatan-kegiatan dalam pembelajaran lebih banyak dilakukan oleh peserta didik.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top