Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Thursday, April 2, 2015

PIDATO PADA ACARA TASYAKUR HENDAK MENGERJAKAN IBADAH HAJI

Assalamu,alaikum warahmatullohi wabarokatuh
Para undangan yang kami hormati
Pada malam ini yang penuh dengan kebahagiaan ini marilah kita terlebih dahulu memnjatkan puji syukur kehadirat Alloh SWT. Atas karunia rahmat dan hidayah-Nya hingga malam ini kita dapat menghadiri undangan dirumah bapak H.Kosasih SH.yang dalam keadaan shat wal afiat.Semoga atas kehadiran kita detik ini mendapat ridho dari Alloh SWT.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad Saw. Dimana beliau beliaulah yang telah meberi suri tauladan kepada manusia hingga manusia mengetahui perbedaan antara haq dan yang bathil.yakni dengan misinya agama islam. Dan semoga lah kita ini tergolong umatnya yang setia terhadap ajarannya.
Para undangan yang berbahagia 













Mengerjakan ibadah haji adalah wajib hukumnya dikerjakan seumur hidup bagi orang yang telah mampu.Oleh karenanya maka marilah cepat-cepat menunaikan ibadah haji,apabila sudah benar-benar mampu.jangan sampai kita inimengulur waktu,padahal kita dalam keadaan mampu dan kuasa menunaikannya. Hal ini berdasarkan firman Alloh,yaitu : dan telah diwajibkan atas manusia mengerjakan ibadah haji ke baitulloh, karena Alloh, terhadap siapa yang kuasa menjalankannya.

Adpun arti menurut ayat kuasa, yaitu adanya bekal, kendaran kesehatan dan keamanan perjalanan.

Hadirin sekalian yang berbahagia
Dalam hadits.nabi Saw.telah bersabda,yaitu yang artinya : Hai manusia, Alloh telah mewajibkan atas kamu haji,maka berhajilah kalian .Dan barangsiapa yang haji karena Alloh,lalu tidak berkata atau berbuat keji dan fasiq, dia akan keluar dari semua dosa-dosanya bagaikan dia saat dilahirkan oleh ibunya. Dan mengerjakan ibadah umra sampai umara ditahun depan,menjadi penebus dosa yang terjadi antara umra itu. Dan haji mabrur itu tiudak ada balasan pahalanya keculi surga.(H.R.Bukhori dan Muslim).

Hadirin sekalian yang berbahagia
Dalam sebuah hadits,yaitu yang diriwayatkan oleh thabrani dari Abdulloh bin jarrad,berkata : Berhajilah kamu,karena ibadah haji itu dapat mencuci dosa-dosa seperti air dapat membersihkan kotoran.


Demikian juga Atthirmidzi dan Baihaqi dari Ali Ra.berkata : Barangsiapa yang memiliki bekal dan memilki kendaraan yang dapat menyampaikan berhaji kebaitullah,kemudian dia tidak berhaji, maka tidak ada halangan baginya untuk mati dalam keadaan bersifat yahudi atau nasrani.

Hadirinyang kami hormati
Jadi itulah penjelasan hadits tentang keutamaan ibadah haji, dan menjadi sebuah peringatan bagi orang yang telah mampu akan tetapi menunda-nunda kepergiannya.
Hadirin yang berbahagia


Sebagai penutup dari pidato ini, marirah kita perhatikan perkataan Umar bin Khotob ra.yaitu sebagai berikut :
Sungguh saya berhasrat mengutus orang-orang ke kota-kota untuk menyelidiki orang-orang yamg kaya kemudian tidak menunaikan ibadah haji,agar di kenakan pajak karena mereka bukan orang islam .

Demikianlah saudar-saudara sekalian yang berbahagia, pidato ini semoaga dapat kita pahami,dan kami mohon maaf atas segala kesalahannya dan akhirnya.wasalamualaikum warohmatullaahi wabarakaatuh.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top