Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Thursday, April 14, 2016

Rukun Islam dan Penjelasannya | Pembahasan Mengenai Rukun Islam 5 Perkara

Rukun Islam dan Penjelasannya - Assaalamualaikum Wr. Wb. Sahabat Abdan yang dirahmati Allah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan sebuah uraian mengenai Rukun Islam. Bagi kita yang beragama Muslim merupakan sebuah kewajiban untuk mengetahui Tentang Rukun Islam ini. Rukun Islam Merupakan sesuatu yang sangat pokok dan paling mendasar yang harus dilaksanakan dan diamalkan oleh seluruh kaum muslimin. 

Rukun Islam terdiri dari Lima Perkara. Hal ini sesuai dengan yang disabdakan oleh Nabi Kita Muhammad Saw dalam Hadistnya :

    بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ“
Artinya:
Islam itu dibangun di atas lima perkara, yaitu: bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, mengeluarkan zakat, mengerjakan haji ke Baitulloh, dan berpuasa pada bulan Romadhon.”(HR. Muslim)
Berdasarkan Keterangan diatas bisa kita simpulkan Bahwa Rukun Islam Terdiri dari 5 Perkara, yaitu :
RUKUN ISLAM
1.Mengucap dua kalimat syahadat.
2.Menunaikan sholat lima waktu dalam sehari semalam.
3.Mengeluarkan zakat.
4.Berpuasa pada bulan Ramadhan.
5.Melaksanakan haji bagi mereka yang mampu.

Rukun Islam terdiri dari Lima Perkara
Rukun Islam terdiri dari Lima Perkara

 PENJELASAN MENGENAI RUKUN ISLAM

1. Mengucap dua kalimah syahadah.

اَشْهَدُاَنْالَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَاَثْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًا رَسٌؤلُ اللهِ
Artinya : Saya bersaksi tiada Tuhan Selain Allahdan saya bersaksi bahwanya Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Menurut para ulama tauhid ushul al-din (pokok-pokok ilmu agama), berdasarkan 2 kalimat yang terdapat dalam syahadatain, menunjukkan tentang 2 makna, yaitu:

1. Pengakuan ketauhidan (Syahadat Tauhid) Artinya, seorang muslim hanya boleh mengakui dan menyembah satu Tuhan, yaitu Allah dan tidak menyekutukan Allah dalam setiap perbuatan, amal ibadah, niat (i`tikad), dll

2. Pengakuan Kerasulan (Syahadat Rasul) Artinya, seorang muslim wajib mempercayai semua hal yang diajarakan dan disampaikan oleh Rasulullah SAW. Hal ini dibuktikan dengan mengikuti sunnah Rasulullah, menerima hadis Nabi Muhammad sebagai panduan wajib umat Islam.

2. Mendirikan solat.
Sesorang yang telah bersyahadat dan menyatakan dirinya menjadi seorang muslim makan ia haruslah melaksankan kewajiban Sholat. Karena Shalat lima waktu merupakan perintah Allah Swt yang wajib kita laksanakan sebagai sarana ibadah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sholat didirikan sebanyak lima kali dalam setiap hari semalam, mulai dari Sholat Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib dan I’sya.

3. Menunaikan zakat
zakat adalah  jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya) menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam. Sebagaimana firman Allah Swt dalam Alquran
Surat An Nur 24 : 56 yang Artinya :
“Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat dan taatlah kepada Rasul, supaya kamu diberi rahmat“. (Surat An Nur 24 : 56).
4. Berpuasa di bulan Ramadhan. 
Puasa ramadhan merupakan ibadah wajib bagi seluruh kaum muslimin sebagai sarana untuk meningkatkan ketakwaan seorang Muslim Kepada Allah SWT. Puasa dilakukan dengan cara menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, dengan syarat tertentu,  Allah berfiman dalam Surat Al-Baqarah ayat 183:
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”
5. Menunaikan haji di Mekah bagi yang mampu.
Rukun islam yang ke- 5 adalah menjalankan ibadah Haji bagi orang yang mampu menunaikannya. Mampu dalam hal ilmu, harta, Fisik, Dsb. Adapun syarat-syarat Haji ada 5 perkara yaitu, Islam, Baligh, Berakal Sehat, Merdeka dan Mampu.

Demikianlah penjelasan mengenai rukun islam semoga bermanfaat.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top