Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Thursday, September 15, 2016

Contoh Pidato Sambutan Acara Peringatan Tahun Baru Islam 1438 H | Pidato Acara Muharraman

Contoh Pidato Sambutan Acara Peringatan Tahun Baru Islam 1438 H - Sahabat abdan hari demi hari telah kita lalui, tahun demi tahun telah berlalu kini tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Muharram 1437 H. Bulan pertama yang menjadi bulan pertama dari tahun hijriyah. Mari kita sambut bulan muharram dengan semangat baru untuk terus memperbaiki diri dari hari ke hari. Pada kesempatan kali ini, sengaja admin sampaikan Contoh Pidato Sambutan Acara Peringatan Tahun Baru Islam yang mudah-mudahan bisa memotivasi semuanya dalam menyambut tahun baru hijriyah ini.

 
Contoh Pidato Sambutan Acara Peringatan Tahun Baru Islam
Pidato Tahun Baru Islam



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. أَمَّا بَعْدُ؛

Yang Terhormat Bapak Kepala Desa ...............( Sebutkan namanya )
Yang Terhormat Bapak Ketua MUI ..................( Sebutkan namanya )
Yang Terhormat Bapak Ketua Yayasan............( Sebutkan namanya )
Serta hadirin yang saya cintai dan saya mulyakan
 
Di pagi yang cerah ini marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah swt. berkat rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga pada saat ini kita dapat berkumpul bersama-sama di tempat ini dalam rangkan peringatan tahun baru islam 1438 H. Mudah-mudahan kehadiran kita disini mendapatkan keridhoan dari Allah SWT dan dicatat sebagai pahala kebaikan.

Hadirin yang saya hormati,
Hari kita sudah memasuki tahun baru Hijriah 1438 H. Marilah kita bersama -sama menengok sejarah ke belakang untuk melaksankan evaluasi dan instrospeksi diri, seberapa jauh kita sudah melangkah, seberapa besar ketaatan kita kepada Allah yang telah kita perbuat selama satu tahun yang lalu. Dengan melakukan evaluasi dan instrospeksi diri secara cermat dan teliti tentu kita akan menjadi tahu, apakah kita termasuk orang yang beruntung, atau justru menjadi orang yang merugi. Kemudian kita melakukan perbaikan dengan cara bertobat meninggalkan keburukan dan berusaha bangkit untuk memperbaiki diri dari hari ke hari dengan melakukankebaikan yang berguna bagi diri sendiri, masyarakat, agama, nusa dan bangsa.

Hadirin yang saya hormati,
Dalam memasuki lembaran baru ini, marilah kita bangun semangat baru untuk menyusun langkah-langkah yang baik untuk kita bisa meraih masa depan yang lebih baik dan gemilang dan tentunya langkah kita selalu mendapatkan naungan ridho Allah swt. Ada beberapa hal yang bisa kita jadikan pegangan dalam menjalani kehidupan di tahun baru ini yang pastinya semakin banyak tantangan, cobaan dan godaan juga semakin ketatnya persaingan dalam setiap kehidupan, antara lain ialah:
  1. Marilah kita bersama-sama untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah dengan cara melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi larangannya.Dengan begitu insya Allah kehidupan kita akan damai dan sejahtera dalam naungan rahmat dan ridho Allah swt.
  2. Dalam menjalani kehidupan di tahun ini kita harus selalu optimis, tanpa mengenal putus asa, selalu berharap akan rahmat Allah swt. yang amat luas. Sebagai umat Islam kita tidak boleh berputus asa, hidup memang penuh tantangan dan cobaan, semuanya harus dihadapi dengan kegigihan, keuletan dan kesabaran sehingga kita dapat melewati tantangan dan lulus menghadapi ujian untuk mencapai derajat yang lebih tinggi. Tanpa adanya tantangan dan ujian seseorang tidak akan dewasa dalam hidupnya dan tidak akan mengalami pencapaian ke arah yang lebih baik. Islam secara tegas melarang berputus asa, sebagaimana firman Allah swt dalam surat Yusuf ayat 87 yang artinya: “Dan janganlah kamu putus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah kecuali orang-orang kafir”.
  3. Marilah kita bersama-sama untuk rajin bekerja dan beramal agar apa yang kita inginkan dan dicita-citakan dapat tercapai. Karena tidak ada sesuatupun di dunia ini yang diperolehnya dengan tanpa melalui proses bekerja dan berusaha. Allah SWT akan memberikan kehidupan yang baik dan sejahtera bagi orang beriman yang mau beramal atau bekerja secara baik dan sungguh-sungguh. Dinyatakan dalam sabda Nabi Muhammad saw yang artinya:  “Bekerjalah untuk kehidupan kamu di dunia, seakan-akan kamu akan hidup selamanya dan beramallah untuk akhiratmu, seakan-akan kamu akan mati esok”.
  4. Terus berdoa, setelah usaha secara lahiriah telah kita lakukan dengan baik, maka kita tidak boleh mengesampingkan usaha batin dengan jalan berdo’a kepada Allah swt agar apa yang kita harapkan dan cita-citakan dapat segera tercapai dengan baik. Allah swt berfirman dalam surat Al-Mu’min ayat 60 yang artinya: “Dan Tuhanmu berfirman: berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu”.
  5. Terakhir iringilah dengan bersabar dan bertawakal, usaha maksimal yang telah kita lakukan dalam melakukan kebaikan haruslah kita sertai tawakal kepada Allah swt karena dengan begitu Allah akan memberikan kecukupan akan keperluan kita.
Hadirin yang saya hormati,
Semoga bermafaat, terima kasih..
Demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat dan Terima kasih atas segala perhatiannya. Mohon maaf atas kesalahan dan kekhilafannya.
Selamat tahun baru, semoga tahun ini semua mimpi menjadi kenyataan, dan semua kesalahan yang terlanjur terjadi dimaafkan oleh Allah.

Hadaanallahu wa iyyakum ajma’in wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Facebook Twitter Google+
 
Back To Top