Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Saturday, October 1, 2016

Pengertian Juz Amma dan Keutamaan Membaca Juz Amma

Pengertian Juz Amma - Juz ‘Amma adalah surat juz ke 30 dalam kitab suci Al-Quran.  Di dalamnya terdapat 37 surat. Juz Amma ini dimulai dengan surat an-Naba’ dan diakhiri surat An-Naas. Dalam Juz ‘Amma ini terdapat 34 surat yang berisikan surat yang paling sering kita dengar dan paling sering kita baca. 

Semasa kita kecil dan pertama kali belajar membaca al-Qur-an kita sudah membaca dan menghafal surat-surat yang terdapat dalam Juz ‘Amma. Para imam mesjid juga ketika sholat berjamaah kebanyakan lebih sering membaca surat-surat pendek yang terdapat di dalam juz ‘Amma. Oleh karena itu, surat-surat Juz ‘Amma sudah terasa begitu akrab di telinga kita. Bahkan kita sudah hafal sebagian besar surat-surat tersebut di luar kepala.

Di samping itu di dalam Juz ‘Amma terdapat banyak surat yang memiliki keutamaan. Di antaranya adalah surat al-Ikhlash, al-Falaq, an-Naas dan lain-lain. Tentang surat al-Ikhlas misalnya, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda:
“Demi Dzat yang jiwaku berada di Tangan-Nya, sesungguhnya (surat al-Ikhlash) itu sebanding dengan sepertiga al-Qur’an.” (HR. Al-Bukhari)
Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lain berkaitan dengan surat-surat dalam Juz ‘Amma diantaranya :
  1. Surat Al Kautsar mencegah permusuhan,
  2. Surat Al kafirun mencegah kufur di waktu sakarotul maut,
  3. Surat Al Ikhlas mencegah perbuatan nifaq (plin-plan),
  4. Surat Al Falaq mencegah kedengkian orang hasud,
  5.  Surat An Nas mencegah dari was-was
Anda Bisa melihat daftar surat Juz Amma di bawah ini


Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa keutamaan surat Juz ‘Amma dalam al-Qur`an. Marilah kita selalu rajin membaca al-Qur`an dan memahami isi yang terkandung di dalamnya agar kita selalu diberikan petunjuk oleh Allah SWT, sebagaimana sabda nabi:
“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari al-Qur-an, akan mendapatkan suatu kebaikan. Sedang satu keba-ikan akan dilipatkan sepuluh kali lipat. Aku tidak berkata, Alif laam miim, satu huruf. akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf. (HR. At-Tirmidzi )
Keutamaan Surat Pilihan Lainnya
    1. Surat Yasin
    2. Surat Ar-Rahman
    3. Surat Al-Waqiah
    4. Surat Luqman
    5. Surat Al-Kahfi
    6. Surat Al Ikhlash 
    7. Surat Al Falaq 
    8. Surat An Naas
    Demikian Pembahasan mengenai Juz Amma. Semoga dengan tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

    Facebook Twitter Google+
     
    Back To Top