Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Thursday, October 8, 2015

FORMAT PROPOSAL PENCAIRAN PENINGKATAN INFRASTRUKTUR DASAR PERDESAAN DAN REHAB KANTOR DESA

FORMAT PROPOSAL PENCAIRAN  PENINGKATAN INFRASTRUKTUR DASAR PERDESAAN
BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Dinamika pembangunan yang senantiasa membawa aspirasi dan tuntutan baru dari masyarakat untuk mewujudkan kualitas kehidupan yang baik, aspirasi dan tuntutan masyarakat itu dilandasi oleh hasrat untuk lebih beraktivitas dan berperan serta dalam mewujudkan masyarakat yang lebih maju, mandiri dan bertaqwa kepada alloh SWT.
Suatu perencanaan pembangunan akan tepat sasaran dan dapat terlaksana dengan baik serta dapat dimanfaatkan hasilnya apabila perencanaan tersebut benar – benar memenuhi kebutuhan masyarakat dan didukung oleh potensi yang ada baik dari masyarakatnya maupun lingkungannya. Untuk memungkinkan hal tersebut bisa tercapai, mutlak harus diikutsertakan masyarakat dalam menyusun dan merealisasikan program pembangunan desa.
Atas dasar itulah, masyarakat perlu diberi rangsangan untuk ikut serta memikirkan masalah – masalah yang dihadapi dan turut serta merumuskan pemecahannya/ solusinya. Peran serta masyarakat yang aktif dan inovatif, akan lebih menumbuhkan kebersamaan, sehingga dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat yang adil makmur dan sejahtera yang dilandasi dengan ilmu dan keimanan.
Pemberdayaan dan pembangunan di desa memerlukan kepedulian yang diwujudkan dalam kemitraan dan kebersamaan berbagai pihak, dalam pengertian pemberdayaan pembangunan desa merupakan suatu proses perubahan dalam meningkatkan kesejahteraan yang merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat dan pemerintahan.
Dalam upaya peningkatan infrastruktur dan sarana prasarana desa, diperlukan peran aktif masyarakat serta dukungan dari pemerintah. Sehingga terwujudnya Desa yang Mandiri dan masyarakat yang sejahtera, sesuai dengan harapan semua pihak

B.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dilaksanakan kegiatan Peningkatan Infrastruktur Dasar Perdesaan dan Rehab Kantor Desa, Desa…..…………… Kecamatan……………………….. Kab Tasikmalaya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan infrastruktur dan  sarana prasarana di desa kami, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan guna mendukung Visi dan Misi program Jawa Barat dalam peningkatan IPM Desa…………………….. di segala bidang
  3. Meningkatkan rasa kebersamaan dan gotong royong, sehingga terwujudnya masyarakat yang silih asah, silih asih, dan  silih asuh.


C.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN
 Waktu pelaksanaan kegiatan peningkatan Infrastruktur Dasar Perdesaan dan Rehab Kantor Desa dilaksanakan 30 ( tiga puluh ) hari kalender sejak pencairan, yang bertempat di Desa ………………………. Kecamatan ……………………….Kab Tasikmalaya.
                                            
D.   JENIS KEGIATAN
Kegiatan yang akan dilaksankan adalah :

  1.  ……………………………………………       VOL ……………… X ………………
  2. …………………………………………….       VOL ……………… X ………………
  3. .......……………………………………….       VOL ……………… X …………………


E.    SASARAN KEGIATAN
Kegiatan ini dimaksud untuk meningkatkan infrastruktur dan sarana prasarana desa guna mieningkatkan pelayanan dan kelancaran bagi kebutuhan masyarakat desa kami.


BAB II
GAMBARAN UMUM DESA DAN MANFAAT YANG DIHARAPKAN


A.      Gambaran Umum Desa……………………………..
1.       Luas wilayah
Luas wilayah Desa ……………….± ……………….ha terdiri dari tanah sawah ±……………………..ha , tanah kering / kebun ± ……………………..ha, dan wilayah pemukiman ± ………………….ha.
2.       Letak Wilayah
Desa …………………….. berada pada ketinggian ± …………. diatas permukaan laut, dengan bentang wilayah perbukitan, terdiri atas Tiga wilayah Kedusunan yang terletak di sebelah …………………………………….. , dengan batas wilayah :
-          Sebelah Timur Desa………………………..
-          Sebelah Barat Desa…………………………
-          Sebelah Selatan Desa………………………..
-          Sebelah Utara Desa ………………………………
3.       Keadaan Penduduk
Jumlah penduduk Desa …………………….. sesuai dengan data penduduk sampai dengan bulan ……………………. Sebanyak …………………. Jiwa terdiri dari :
-          Laki – laki             : ………………… jiwa
-          Perempuan        : ………………… jiwa
4.       Keadaan Sosial Ekonomi
Mata pencaharian penduduk Desa ……………….. sebagian besar dipengaruhi oleh keadaan wilayah yang terdiri dari tanah perkebunan dan persawahan. Adapun mata pencaharian penduduk berdasarkan presentase adalah sebagai berikut :
-          …..% adalah petani ( pemilik, penggarap dan buruh tani)
-          …..% adalah pedagang dan wiraswasta
-          …..% adalah Pegawai Negeri Sipil, TNI/ POLRI dan Pensiunan.
-          …..% adalah tenaga pertukangan dan pengrajin
-          …..% adalah TKI dan Perangkat Desa

  1. Manfaat yang diharapkan
Hasil pelaksaan kegiatan Peningkatan Infrastruktur Perdesaan dan Rehab Kantor Desa tahun 2013 yang kami laksanakan, atas dukungan semua pihak dan dapat kami laksanakan sesuai anggaran dan ketentuan yang telah ditetapkan dan hasilnya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa kami 
 

BAB III
RENCANA ANGGARAN BIAYA

PENINGKATAN INFRASTRUKTUR DASAR PERDESAAN DAN REHAB KANTOR DESA
DESA ………………………. KECAMATAN ………………………. KAB TASIKMALAYA


KEGIATAN REHAB KANTOR DESA
No
SUMBER DANA
NAMA BAHAN
VOLUME
SATUAN
HARGA SATUAN (Rp.)
JUMLAH
(Rp.)
1
ABD PROVINSI
BAHAN MATERIAL :




















BIAYA OPRASIONAL






Administrasi dan dokumentasi






UpahKerja













JUMLAH



100.000,00







2
SWADAYA
BIAYA OPRASIONAL






Trasportasi






UpahKerja













JUMLAH













JUMLAH TOTAL







Tasikmalaya,………, ….………………, 2013


Kepala Desa


 
……………………………………………….



Ketua LPM Desa



 …………………………………..



BAB IV
PENUTUP
Dengan memanjatkan fuji dan Syukur kehadiran Allah SWT, Alhamdulillah kami dapat mengajukan proposal Peningkatan Infrastruktur Dasar Perdesaan dan Rehab Kantor Desa, Desa……………………..Kecamatan………………………………Kab Tasikmalaya.
Kami masyarakat Desa………….Kecamatan ……………… sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, Bapak Bupati Tasikmalaya melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga  Berencana Kab Tasikmalaya telah banyak memberi  perhatian bantuan  untuk Pembangunan Desa kami, sehingga  menjadi lebih baik dan semoga pembangunan tersebut dapat  meningkatkan kwalitas hidup bermasyarakat.
Demikian laporan pelaksanaan kegiatan Infrastruktur Dasar Perdesaan dan Rehab Kantor Desa Tahun 2013 kami sampaikan dan atas bantuannya kami mengucapkan terima kasih.


Tasikmalaya, ….., ……………2013
Kepala Desa ………………………….
Kecamatan …………………….Kab Tasikmalaya


 ………………………………………………………
Demikian semoga bermanfaat.

Facebook Twitter Google+
 
Back To Top