Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Friday, February 5, 2016

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Arab, Latin dan Artinya

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar - Berdoa kepada Allah SWT merupakan sesuatu yang sangat penting dan sekaligus mulia. Doa adalah permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan. Doa merupakan unsur inti ibadah. Sebagaimana dalam Hadist dijelaskan bahwa Rosulullah saw. bersabda:
 "Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah Ta’ala dibandingkan doa". (HR. Ahmad, Bukhori, Tirmidzi dan Nasai) 
Berdasarkan Hadist diatas dapat kita pahami bahwa Doa adalah ibadah karena :
  1. Bentuk ketaatan kepada AllahSWT, yakni firman-Nya: "Berdoalah kamu kepada-Ku, niscaya Aku mengabulkan doamu;
  2. Doa merupakan cermin menghambakan diri kepada Allah SWT; dan
  3. Doa Merupakan pengakuan, bahwa hanya Allah SWT Yang Maha Berkuasa dan Maha Berkehendak, sehingga hanya Dia-lah yang dapat mengabulkan dan mewujudkan segala keinginan kita.
Dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari hari kita dianjurkan untuk selalu Berdoa. Dalam keadaaan ditimpa musibah, senang, bahagia, sakit, sehat bugar kita kita dianjurkan untuk selalu berdoa. Setidaknya berdoalah memohon perkenan Allah SWT untuk mengampuni segala dosa-dosa, meminta tetap diberi kekuatan iman dan memohon kesehatan agar dapat melaksanakan segala perintah-Nya.

Nah, Bagi sobat yang masih menjadi siswa, pelajar, mahasiswa atau yang sedang mencari ilmu juga dianjurkan untuk berdoa memohon kepada ALLAH SWT agar dimudahkan dalam proses belajar mencari ilmunya, dan dimudahkan dalam memahami dan menyerap semua ilmu yang kita pelajari. Bagi Sobat yang belum Hafal Bacaan Doa  berikut bacaannya :

Doa Sebelum Belajar


رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin Amiin Ya Robbal ‘Aalamiin

Artinya : Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini.

Doa Sebelum Belajar Pilihan lainnya



اَللَّهُمَّ أَلْهِمْنىِ عِلْماَ اَعْرِفُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَاَعْرِفُ بِهِ نَوَا هِيَكَ



 وَارْزُقْنِى اَللَّهُمَّ بَلَغَةَ فَهْمِ النَبِيِّيْنَ وَفَصَاحَةِ حِفْظِ الْمُرْ سَلِيْنَ وَسُرْ 

عَةِ اِلْهَامِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ وَاَكْرِمْنِى . اَللَّهُمَّ بِنُوْرِ الْعِلْمِ وَسُرْعَةِ 

الْفَهْمِ وَاَخْرِجْنِى مِنْ ظُلُمَاتِالْوَهْمِ وَافْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَعَلْمِنِى 

اَسْرَارَ حِكْمَتِكَ يَارَبَّ الْعَا لمَِيْنَ

Alloohumma alhimnii ‘ilman a’rifu bihi awaamiroka wa a’rifu bihi nawaahiyaka warzuqnii. Alloohumma balaghota fahmin nabiyyana wa fashoohati hifdlil mursaliina wa sur’ati ilhamil malaa’ikatil muqorro biina wa akrimnii. Alloohumma bi nuuril ‘ilmi wasur’atil fahmi wa akhrijnii min dlulumaatil wahmi waftah lii abwaaba rohmatika wa allminii asrooro hikmatika yaa robbal ‘aalmiina 

Artinya :
Wahai Allah, ilhamilah aku dengan ilmu yang dapat menjadi alat untuk mengetahui semua suruhan Mu dan berilah aku rizqi. Wahai Allah, sampainya kefahaman yang mendalam dari para nabi dan kefashihan hafalan para Rosul serta cepatnya ilham para malaikat muqorrobiin, maka karunianikanlah kepada ku. Wahai Allah, dengan chaya ilmu dan cepat tanggap dalam kefahaman serta keluarkanlah aku dari kegelapan keraguan dan dan bukakanlah untukku semua pintu rahmat  Mu dan ajarkanlah kepadaku rahasia hikmah Mu. Wahai Tuhan semesta Alam


اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا 



اجْتِنَابَهُ

Aallohumma Arinal Haqqo Haqqon Warzuqnattibaa’ahu. Wa Arinalbaathila Baa-Thilan Warzuqnajtinaabahu

Artinya :
Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.

Doa Sesudah Belajar Pilihan Lainnya


اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ 

تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Allahumma innii istaudi'uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajati ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal 'aalamiin" 

Artinya : 
"Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya.Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam"

Demikian Doa Sebelum Belajar dan Doa Sesudah Belajar yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan mengamalkan doa diatas kita senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT ketika belajar mencari ilmu. Sekian semoga Bermanfaat.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top