Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Tuesday, February 9, 2016

Bacaan Doa Tidur dan Bangun Tidur

Bacaan Doa Tidur dan Bangun Tidur - Sudah seharusnya sebagai muslim yang baik apabila akan melakukan sesuatu hendaknya didahului dengan berdoa kepada Allah untuk memohon perlindungan kepada-Nya. Begitupun ketika kita hendak tidur kita dianjurkan untuk membaca doa hendak tidur karena dengan kita membaca doa sebelum tidur membuat kita terjaga disaat kita tidur baik itu dari mimpi kita atau dari hal-hal yang lainnya.  Dengan kita membaca doa sebelum tidur dan bangun tidur kita dapat menjadikan tidur kita menjadi nilai ibadah. Karena biarbagaimanapun manusia diciptakan untuk beribadah.
 
Berikut ini kami tuliskan bacaan do'a dan zikir menjelang tidur dan ketika bangun tidur, mudah-mudahan kita bisa bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Do’a Sebelum Tidur:
 
بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ
 Do’a Sebelum Tidur
 Do’a Sebelum Tidur

BismikaAllahumma ahya wa amutu
Artinya :
Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Do’a Bangun Tidur :
 
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ
 
Do’a Bangun Tidur
Do’a Bangun Tidur
Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur
Artinya :
Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

Kedua-dua do'a tersebut di ambil daripada hadis sahih riwayat Muslim, dari Bara' katanya :
 
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ قَالَ اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ وَإِذَا اسْتَيْقَظَ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ 

Artinya :
"Bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, apabila mulai berbaring di tempat tidurnya membaca: "Allaahumma Bismika Ahyaa waamuutu" (Ya Allah, dengan Nama-Mu, aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati). Dan apabila bangun, beliau membaca: "Alhamdulillaahil Ladzii Ahyaanaa Ba’da Maa Amaatanaa Wailaihin Nusyuur" (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan)." (Hadis Riwayat Muslim)

Dalam do'a-do'a di atas, Nabi s.a.w. mengingatkan kepada kita akan adanya hari kebangkitan setelah kematian sebagaimana manusia bangun dari tidurnya. Kerana,  hikmah do'a ketika hendak tidur adalah agar penutup amal berupa zikir kepada Allah dan hikmah do'a bangun tidur adalah agar amal pertama kali adalah mengingat tauhid dan ucapan yang baik.

Jika kita bangun daripada tidur sebelum masuk subuh kerjakanlah solat tahajjud dua rekaat dirumah dan bersiap-siaplah ke masjid atau surau untuk solat subuh berjemaah. Kerana pahala solat subuh berjemaah lebih baik 27 kali lebih baik daripada solat dirumah. Pahala solat subuh berjemaah juga seolah-olah kita beribadah sepanjang malam.
 

Itulah informasi mengenai Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur .Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top