Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Friday, December 4, 2015

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua - Sebagai seorang anak yang baik dan Sholeh/sholehah sudah seharusnya kita harus selalu hormat dan patuh terhadap nasehat orang tua. Selalain itu sebagai seorang anak juga tentunya kita harus berterima kasih kepada orang tua kita yang telah memberikan seluruh hidupnya hanya untuk kita. Oleh karena itu kita harus selalu mendoakan orang tua kita. Doa seorang anak sangat dibutuhkan oleh kedua orang tua apalagi kalau keduanya telah meninggal dunia ini, doa yang kita hantarkan kepada beliau merupakan sesuatu yang dapat meringankan siksaannya sewaktu dalam kubur.  Seperti hadits Rasulullah Saw salah satu amalan yang tidak akan putus-putus ialah doa anak yang shaleh untuk kedua orang tuanya.

Berdoa untuk orang tua bisa kita lakukan setelah selesai shalat, dan saat-saat mustajabah doa seperti ketika sholat tahajud, malam lailatul qadr, saat turunnya hujan dan lainya. Banyak sekali bentuk doa untuk orang tua kita tercinta yang bisa kita panjatkan. Namun, Anda tidak usah bingung jika anda tidak bisa atau tidak tahu doa untuk orang tua apa yang seharusnya kita berikan kepada keduanya. Di sini kami akan memberikan doa untuk orang tua yang di sering kita doakan kepada keduanya. Doa berikut ini dapat dibaca kapan saja ketika kita ingin mendoakan orang tua kita. Biasanya dibaca pada saat usai melakukan shalat.

 
اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا
Artinya:
“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.
Berikut Doa yang dapat kita panjant kan untuk kedua orang tua kita berdasarkan Al Quran:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ
Artinya :
“Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku.” (QS. Nuh : 28)





وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Artinya :
“Dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS. Al Isra : 24) 

Dapat kita simpulkan bahwa seorang anak hendaknya senantiasa mendoakan kedua orang tuanya baik ia masih hidup maupun telah tiada. Sungguh sebuah tealadan yang agung dari seorang naak shalih, yang berbakti pada orang tuanya.

Sekian artikel dengan Judul “Doa untuk orang tua ini” Semoga dapat bermanfaat baik bagi penulis baupun bagi para pembaca sekalian.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top