Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Thursday, September 15, 2016

Doa Khotmil Qur'an Arab dan Artinya

Doa Khotmil Qur'an Arab, Latin dan Artinya - Al-Quran merupakan Kitabullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad S.A.W. Al-Quran diturunkan untuk mengajar manusia tentang pengesaannya kepada Allah SWT (tauhid). Mengajak manusia berfikir tentang ciptaan, pengawasan dan penjagaan yang ditadbirkan oleh yang Maha Agong agar dapat mengenal sifat-sifatNya yang unggul. Di dalam al-Quran dipaparkan juga contoh tauladan dan juga kisah-kisah yang benar berlaku sebelum turunnya al-Quran dan pada masa penurunan al-Quran. Dengan itu manusia mendapat pengajaran dan panduan dalam mengharungi kehidupan sebagai muslim yang sejati dan benar dalam semua bidang kehidupan. Oleh karena itu, Marilah kita menjadikan al-Quran sebagai peduman hidup kita , apabila kita sentiasa menjadikannya sebagai panduan dan peraturan hidup kita tidak akan sesat dan sentiasa mendapat pimpinan daripada Allah S.W.T. Al-Quran juga merupakan senjata yang paling berkesan untuk membersihkan jiwa dan menyinarkannya.

 Oleh karena itu membaca dan Mengamalkan Al- Quran merupakan suatu amalan yang baik.Sebagaimana dijelaskan dalam Hadist Nabi :
Daripada Ibnu Mas’ud r.a. ia berkata : “Barangsiapa yang membaca satu huruf daripada al- Quran maka baginya satu kebaikan, satu kebaikan menyamai dengan sepuluh pahala, aku tidak bermaksud : Alif , Lam , Mim ialah satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf”.(Hadis Riwayat Ad Darimi Tarmizi, beliau berkata hadis ini hasan sahih)

Daripada ‘Uqbah Bin ‘Amir r.a. menceritakan : Rasulullah S.A.W keluar dan kami berada di tempat duduk masjid yang beratap. Maka beliau bersabda: “Siapakah di antara kamu yang suka keluar di pagi hari pada setiap hari menuju ke Buthan atau ‘Atiq, dan dia mengambil darinya dua ekor unta yang gemuk dalam keadaan dia tidak melakukan dosa dan tidak putus hubungan silaturrahim”. Kami menjawab : “Kami suka demikian itu. Sabda Rasulullah S.A.W : “Kenapakah kamu tidak pergi ke masjid belajar atau membaca dua ayat Al Quran lebih baik dari dua ekor unta, tiga ayat lebih baik dari tiga ekor, empat ayat lebih baik dari empat ekor unta demikianlah seterusnya mengikut bilangan ayatnya”. (Hadis Riwayat Muslim)
Membaca Al Qur’an adalah amalan yang agung dan banyak keutamaannya. Oleh karena itu marilah kita sama-sama membaca Al- Quran dengan rutin setiap hari sampai khatam 30 Juz. Mudah- mudahan dengan kita sering membaca Al- Quran kita selalu  mendapatkan rahmat dan petunjuk Allah SWT. 
Baiklah jika sobat sudah membaca Al- Quran 30 Juz, berikut ini kami sampaikan Doa Khotmil Qur'an Arab dan Artinya yang bisa nanti kalian Bacakan setelah khotam membaca Al Quran 30 Juz. 
Doa Khotmil Qur'an Arab dan Artinya 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنَا بِالْقُرْاٰنِ وَاجْعَلْهُ لَنَا اِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًى وَرَحْمَةً
اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نَسِيْنَا وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَاجَهِلْنَا وَارْزُقنَا تِلَاوَتَهُ
اَنَا ءَاللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً
يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Yaa Allah.. Sayangilah kami dengan sebab menbaca Al Qur’an, jadikanlah ia sebagai pembimbinng, cahaya petunjuk, dan ramat bagi kami. Yaa Allah ingatkanlah kami pada sesuatu yang kami lupa dan ajarkan kepada kami apa yang kami tidak tahu karena sebab membacanya, dan jadikanlah ia sebagai benteng bagi kami wahai Dzat yang menguasai alam semesta.
 
         اَللّٰهُمَّ نَوِّرْ قُلُوْبَنَا بِتِلَاوَةِ الْقُرْاٰنِ وَزَيِّنْ اَخْلَاقَنَا بِجَاهِ الْقُرْاٰنِ
وَحَسِّنْ اَعْمَالَنَا بِذِكْرِالْقُرْاٰنِ
وَبَيِّضْ وُجُوْهَنَا بِحُسْنِ الْقُرْاٰنِ وَنَجِّنَا مِنَ النَّارِ بِكَرَمَةِ الْقُرْاٰنِ
وَاَدْخِلْنَالْجَنَّةَ بِشَفَاعَةِ الْقُرْاٰنِ

Yaa Allah.. Sinarilah hati kami karena membaca Al Qur’an, hiasi akhlak kami dengan keagungannya, perindah amal kami dengan sebab selalu ingat kepadanya, putihkan wajah kami karena kebaikannya, selamatkan kami dari siksa neraka karena kemuliaannya, masukanlah kami kedalam surgaMu dengan syafa’at darinya.
Demikian mengenai Doa Khotmil Qur'an Arab dan Artinya. Semoga bermanfaat untuk anda para pembaca semuanya. Wallahu a’lamu bis shawab.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top