Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Friday, December 4, 2015

Nama Nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui

Nama Nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui - Sahabat abdan baiklah pada kesempatan yang mudah-mudahan di rahmati Allah SWT ini, Admin akan menyampaikan pembahasan Jumlah Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui. Hal ini admin rasa sangatlah penting untuk kita ketahui karena percaya kepada Utusan/ Rasul Allah adalah merupakan salah satu Rukun Iman yang Ke- 4, dan itu harus kita imani dan yakini. Baiklah sebelum admin menyampaikan nama- nama 25 Nabi dan Rasul yang wajib di ketahui. Admin terlebih dahulu akan menjelaskan pengertian Nabi dan Rasul  itu sendiri. 

Pengertian Nabi dan Rasul.
  1. Nabi adalah adalah laki-laki yang diberi wahyu oleh Allah swt, tetapi dia tidak punya kewajiban untuk menyampaikannya kepada umatnya.
  2. Rasul adalah seseorang dengan jenis kelamin laki-laki yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT memiliki kewajiban untuk menyebarluaskan wahyu tersebut.
Perbedaan Nabi dan Rasul
Berikut ini adalah perbedaan Nabi dan Rasul:
  1. Jenjang kerasulan lebih tinggi daripada jenjang kenabian.
  2. Rasul diutus kepada kaum yang kafir, sedangkan nabi diutus kepada kaum yang telah beriman.
  3. Syari’at para rasul berbeda antara satu dengan yang lainnya, atau dengan kata lain bahwa para rasul diutus dengan membawa syari’at baru.
  4. Rasul pertama adalah Nuh, sedangkan nabi yang pertama adalah Adam.
  5. Seluruh rasul yang diutus, Allah selamatkan dari percobaan pembunuhan yang dilancarkan oleh kaumnya. Adapun nabi, ada di antara mereka yang berhasil dibunuh oleh kaumnya.
Kriteria Nabi dan Rasul
Dikatakan bahwa nabi dan rasul memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi, diantaranya adalah:
  1. Dipilih dan diangkat oleh Allah.
  2. Mendapat mandat (wahyu) dari Allah.
  3. Bersifat cerdas.
  4. Dari umat Bani Adam (Manusia).
  5. Nabi dan Rasul adalah seorang laki-laki (bukan wanita).
Sifat-sifat Para Nabi dan Rasul.
  1. Siddiq / siddiq / siddiq /siddiq Siddiq berarti benar dan perkataan dan perbuatan. jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul adalah seorang pembohong yang suka berbohong.
  2. Amanah / Amanah, Amanah artinya terpercaya atau dapat dipercaya. Jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul adalah seorang pengkhianat yang suka khianat.
  3. Fathanah / Fathanah /Fathanah. Fathanah adalah cerdas, pandai atau pintar, jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul adalah seorang yang bodoh dan tidak mengerti apa-apa.
  4. Tabligh / Tabligh /Tabligh. Tabligh adalah menyampaikan wahyu atau risalah dari Allah SWT kepada orang lain. Jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul menyembunyikan dan merahasiakan wahyu / risalah Allah SWT.
Seorang rasul memiliki tingkatan lebih tinggi karena menjadi pimpinan ummat, sementara nabi tidak harus menjadi pimpinan. Di antara rasul yang memiliki julukan Ulul Azmi adalah Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan Muhammad. Mereka dikatakan memiliki tingkatan tertinggi dikalangan rasul. Dari semua rasul, Muhammad saw sebagai ‘Nabi Penutup’ yang mendapat gelar resmi di dalam Al-Qur’an Rasulullah adalah satu-satunya yang kewajibannya meliputi umat dan wilayah seluruh alam semesta ‘Rahmatan lil Alamin’.

Baiklah Dibawah ini akan admin sampaikan nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui dan Imani oleh setiap Muslim, yaitu:
  1. Adam AS.
  2. Idris AS.
  3. Nuh AS.
  4. Hud AS.
  5. Soleh AS.
  6. Ibrahim AS.
  7. Luth AS.
  8. Ismail AS.
  9. Ishak AS.
  10. Yakub AS.
  11. Yusuf AS.
  12. Ayub AS.
  13. Sueb AS.
  14. Musa AS.
  15. Harun AS.
  16. Zulkifli AS.
  17. Daud AS.
  18. Sulaiman AS.
  19. Ilyas AS.
  20. Ilyasa AS.
  21. Yunus AS.
  22. Zakaria AS.
  23. Yahya AS.
  24. Isa AS.
  25. Muhammad SAW.
Demikianlah nama-nama Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat untuk semua.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top