Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Tuesday, February 9, 2016

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli - Apakabar sahabat abdan ? Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang pengertian demokrasi menurut Para Ahli. Sengaja admin menyampaikan hal ini karena istilah demokrasi sering kita dengar dan merupakan bagian dari materi di sekolah yaitu pada pelajaran PKN. Jadi apa sih sebetulnya Demokrasi itu? Kalau begitu baiklah mari kita angsung aja kita kita simak uraianya di bawah ini.

secara etimologis, istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demoas berarti rakyat atau penduduk dan cratein yang berarti kekuasaan atau kedaulatan, dengan demikian demokrasi adalah keadaan negara dimana kedaulatan atau kekuasaan tertingginya berada di tangan rakyat. 

Lantas bagaimana Pengertian demokrasi menurut para Alhli ?

1. Pengertian Demokrasi Menurut Carol C. Gould
Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang didalamnya rakyat memerintah sendiri, baik melalui partisipasi langsung dalam merumuskan keputusan - keputusan yang mempengaruhi meraka maupun dengan cara memilih wakil - wakil mereka.

2. Pengertian Demokrasi Menurut Hamz. Suche
Demokrasi adalah bentuk pemerintahan rakyat kekuasaannya melekat pada diri rakyat.

3. Pengertian Demokrasi Menurut Hennry.B.Maya
sistem demokrasi adalah sistem yang menunjukan bahwa kebijaksanaan umum ditentukan oleh mayoritas wakil rakyat yang duduk di parlemen.

4. Pengertian Demokrasi Menurut Abracham Lincoin
Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

5. Pengertian Demokrasi Menurut C.F. Strong

Demokrasi adalah Suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewan dari masyarakat ikut serta dalam politik atas dasar sistem perwakilan yang menjamin pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya pada mayoritas tersebut.

6. Pengertian Demokrasi Menurut International Commission of Jurist

Demokrasi merupakan dasar pembentukan pemerintahan dan masyarakat yang di dalamnya kekuasaan memerintah atau mengatur dipegang secara sah, melainkan oleh segala anggota masyarakat..

7. Pengertian Demokrasi menurut Prof. Mr. Muhammad Yamin

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan rakyat, karena itu kekusaan pemerintahan itu melekat pada diri rakyat atau diri orang banyak dan merupakan hak bagi rakyat atau orang banyak untuk mengatur, mempertahankan dan melindungi dirinya dari paksaan dan pemerkosaan orang lain atau badan yang diserahi untuk memerintah

8. Pengertian Demokrasi Menurut Sidney Hook

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

9. Pengertian Demokrasi Menurut Philippe C. Schmitter
Demokrasi merupakan suatu teori yang menyatakan bahwa suatu negara supaya tanggap terhadap kebutuhan maupun kepentingan warganya, dimana mereka harus ikut berpartisipasi dalam merumuskan kebutuhan serta mengungkapkan kepentingan-kepenting secara aktif dan bebas. Tidak hanya harus berpengertian jelas, tetapi harus memiliki berbagai sumber serta keinginan untuk melibatkan dirnya dalam perjuangan politik yang diperlukan agar preferensi mereka nantinya menjadi suatu bahan pertimbangan bagi para penguasa atau juga dengan berusaha menduduki jabatan di pemerintahan

10. Pengertian Demokrasi Menurut International Commission of Journalist
Demokrasi merupakan suatu bentuk sistem pemerintahan dimana warga negara memiliki hak untuk ikut membuat keputusan-keputusan politik melalui wakil-wakil rakyat yang mereka pilih dan yang bertanggung jawab kepada mereka melalui sebuah pemilihan yang bebas.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang meletakkan rakyat sebagai pemilik kedaulatan atau memiliki peranan menentukan dalam mengatur negara.

Facebook Twitter Google+
 
Back To Top