Doa doa, Surat Yasin, Surat Al Waqiah, Asmaul Husna, Ayat Kursi, Juz Amma, Contoh Surat Lamaran Kerja, Proposal, Makalah dan Puisi

Saturday, June 18, 2016

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar Arab Latin dan Artinya

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar Arab Latin dan Artinya - Sahabat abdan sebagaimana telah kita ketahui Bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan. Salah satu keberkahan bulan Ramadhan adalah adanya malam lailatul qodar yang merupakan satu malam yang sangat istimewa karena Lailatul qodar merupakan malam yang jauh lebih baik daripada 1000 bulan dan hanya ada pada Bulan Ramadhan.

Maka dari itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan baik di malam lailatul qadar. Malam Lailatul Qadar terjadi pada 1 malam ganjil pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan (Malam ke 21, 23, 25, 27, atau 29): Sebagimana dijelaskan dalam Hadist bahwasannya Aisyah r.a. berkata :
Rasulullah ber’itikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, dan beliau bersabda, ‘Carilah malam qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan. (HR Bukhari dan HR Muslim)
Adapun bacaan doa di malam lailataul qadar adalah sebagai berikut :

Bacaan Doa di Malam Lailatul Qadar

اَللهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

ALLAAHUMMA INNAKA 'AFUWWUN TUHIBBUL 'AFWA FA'FU 'ANNII

Artinya :
Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku
Bacaan Doa tersebut sesuai dengan yang dijelaskan dalam Hadist

 عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ  قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha-, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850. Abu ‘Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).
 
Itulah Doa di Malam Lailatul Qadar yang dapat kita amalkan. Semoga Allah memberi taufik pada kita untuk memperbanyak do’a yang sedang kita kaji ini di penghujung Ramadhan. Karenanya, jangan lupakan doa ini di malam Lailatul Qadar.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top