Tempatnya Menulis dan Berbagi Informasi Menarik

Minggu, 21 November 2021

Sholawat Jibril Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Advertisement

Sholawat Jibril Arab, Latin dan Artinya - Sholawat Jibril adalah salah satu sholawat yg terpendek. Namun faidahnya sangat besar. Disebut sholawat Jibril karena yg pertama membacanya adalah Malaikiat Jibril, ketika memberikan ajaran pada Nabi Adam alaihis salam. Sholawat Jibril juga biasa disebut sbg SHOLAWAT JABROIL atau dimana sholawat ini adalah salah satu amalan penarik rezeki paling kuat.

Sholawat ini di sebut SHOLAWAT KHIDLIR, karena dalam hadits yg menjelaskan sholawat ini di riwayatkan oleh Nabi khidlir.

Ada yg menyebutnya dgn nama SHOLAWAT BABURROHMAH (pintu kasih sayang), karena di dalam hadits tsb ada kata "baban minar rohmah" artinya pintu kasih sayang

Demikian juga disebut dgn SHALAWAT RAHMAH artinya kasih sayang, karena salah satu dari keutamana shalawat ini yg di jelasakan dalam hadits tsb bisa menumbuhkan rasa kasih sayang.

Ada juga yg menyebutnya dgn nama SHOLAWAT QOSHOR artinya sholawat pendek, karena di antara beberapa sholawat, sholawat inilah yg paling pendek.

Alkisah, setelah terciptanya Siti Hawa bagi Nabi Adam, Allah subhanahu wa ta'ala melarang Nabi Adam alaihis salam untuk mendekatinya, sebelum beliau memberikan sebuah mahar. Dan mahar itu berupa shalawat, kemudian malaikat Jibril mentalqin (menuntun) bacaan “SHALLALLAH ‘ALAA MUHAMMAD” Kepada Nabi Adambalaihis salam, karena itulah shalawat ini dinamakan SHALAWAT JIBRIL.

Menurut Syeikhona Al-Alim Allamah Al-Arif Billah Mbah Kholil Bin Abdul Latif Mertajasah Bangkalan rahimahullah (Desember 1820 - Desember 1925 M Mertajasah), sholawat ini juga dinamakan  SHOLAWAT GEMBOLAN. 'Shalawat gembolan itu artinya sing bisa digembol. Artinya, bisa dibawa dan diamalkan ke mana2,''. Konon, shalawat ini telah dijadikan amalan rutin para ulama2 kuno dan para waliyullah (wali2 Allah). Shalawat Jibril adalah shalawat dari Allah subhanahu wa ta'ala yg Maha Mulia, yg disampaikan oleh malaikat yg mulia, dan diterima kepada manusia pertama yg mulia. Barangsiapa yg mau membacanya, ia akan mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah subhanahu wa ta'ala dan mendapatkan syafaat Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم

"Shallallaahu ‘ala Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam."
Artinya:
"(Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad."

Melafalkan sholawat Jibril baiknya dilakukan setelah shalawat dhuha sebanyak 313 kali atau 1.000 kali selama 7 hari. Semakin sering umat muslim bersholawat maka semakin banyak berkah yang didapat. Namun, hal tersebut disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Perlu diperhatikan bahwa dalam mengamalkan sholawat Jibril ini bukan tergantung dari jumlahnya, melainkan konsistensi. Bila umat muslim mengamalkan dengan istiqomah, manfaatnya akan lebih terasa daripada dibaca dalam jumlah banyak namun tidak istiqomah.

Dalam sebuah hadis HR. Ahmad dijelaskan:
"Barang siapa yang berselawat kepadaku satu kali, maka Allah akan berselawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya."

Manfaat sholawat Jibril.
Tak hanya membuka pintu rezeki, dalam Kitab Afdholus Sholawat Jibril juga dijelaskan beberapa keutamaan lainnya, di antaranya:

1. Dibukakan 70 pintu rahmat.
Imam Asy-Sya’rani telah berkata: Telah bersabda Nabi shollallohu alaihi wasallam: "Barang siapa yang membaca sholawat ini, akan dibukakan ke atas dirinya tujuh puluh pintu dari rahmat, dan Allah akan meletakkan kecintaan-Nya pada kalbu-kalbu manusia. Tiada yang menjadi marah kepadanya melainkan orang yang memiliki kemunafikan di dalam kalbunya."

2. Dicintai Allah dan Rasul.
Ulama besar As-Sakhawi Asy-Syafi'i berkata: "Aku telah mendengar Al-Khidir dan Ilyas, dan mereka berdua telah berkata, 'Kami telah mendengar Rasulullah shollallohu alaihi wasallam bersabda: 'Tiadalah seorang yang beriman mengucapkan, 'Semoga Allah melimpahkan sholawat ke atas Muhammad', melainkan akan dijadikan manusia mencintainya, walaupun mereka sedang membencinya. Demi Allah, tiadalah mereka mencintainya sehingga Allah mencintainya."

3. Memperoleh salam dan sambutan dari para malaikat saat ajal menjelang.
Jika umat muslim mengucapkan Sholawat Jibril minimal 3 kali setiap selesai sholat fardhu, maka kelak dirinya akan memperoleh salam dan sambutan dari para malaikat saat ajal menjelang.

4. Mendapat salam dan kebahagiaan Rasulullah SAW.
Bagi umat muslim yang istiqomah melafalkan sholawat ini sampai dapat merasakan kenikmatan dan kelembutan dari sholawat ini, kelak dirinya akan mendapatkan salam Rasulullah SAW di alam barzah.

5. Mendapat keselamatan lahir dan batin.
Barangsiapa membaca sholawat Jibril sebanyak 300.000 kali dalam satu minggu (dimulai pada hari Sabtu setelah sholat ashar), niscaya Allah akan menurunkan keselamatan baginya lahir dan batin.



Facebook Twitter Google+
 
Back To Top