Bacaan Doa Masuk Masjid dan Keluar dari Masjid Arab, Latin dan Artinya Maret 2024

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid – Sahabat Abdan pada kesempatan ini perkenankan admin menyampaikan sebuah Doa sehari-hari ketika kita hendak Masuk dan Keluar Masjid. Akan tetapi sebelum admin menyampaikannya alangkah baiknya admin menyampaikan terlebih dahulu pengertian Masjid.

Masjid adalah sebuah bangunan tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan – kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Akan Tetapi Fungsi Masjid paling utama adalah sebagai tempat melaksanakan ibadah shalat berjama’ah karena shalat berjama’ah merupakan perintah yang benar-benar ditekankan kepada kaum muslimin.

Abdullah Ibn Mas’ud r.a. berkata: “Saya melihat semua kami (para shahabat) menghadiri jama’ah. Tiada yang ketinggalan menghadiri jama’ah, selain dari orang-orang munafiq yang telah nyata kemunafiqannya, dan sungguhlah sekarang di bawa ke Masjid dipegang lengannya oleh dua orang, seorang sebelah kanan, seorang sebelah kiri, sehingga didirikannya ke dalam shaff.” (HR: Al Jamaah selain Bukhory dan Turmudzy).

Ibnu Umar r.a. berkata: “Bersabdalah Rasulullah s.a.w.: “Shalat berjama’ah melebihi shalat sendiri dengan dua puluh tujuh derajad.” (HR: Bukhory dan Muslim).

Nah itulah  penjelasan mengenai pengertian masjid dan Fungsinya. Sekarang saatnya sesuai judul artikel ini admin akan menyampaikan kepada sahabat semuanya tentang Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid


اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ.
“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.
Artinya :
 “Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.


اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ.
“A‌llahumma innii as-aluka min fadhlika”.
Artinya :
 “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”.

Demikianlah Bacaan Doa Masuk Masjid dan Keluar dari Masjid yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan kita selalu membaca doa ketika masuk masjid, kita senantiasa mendapatkan banyak manfaat dari doa tersebut. amin,
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==