Logo Ansor NU PNG dan Maknanya Maret 2024

Logo Ansor NU PNG dan Maknanya

Gerakan Pemuda Ansor merupakan organisasi kepemudaan sayap Nahdlatul Ulama yang berdiri sejak tahun 24 April 1934. Organisasi ini merupakan organisasi populer di Indonesia. GP Ansor dikenal memiliki komitmen keagamaan dan kebangsaan yang kuat.

Sebagai sebuah organisasi, GP Ansor memiliki lambang sebagai identitas gerakannya. Yakni sebuah segitiga yang didominasi warna hijau. Lambang ini biasa digunakan dan dipakai dalam pembuatan bendera, umbul-umbul, jaket kaus, cinderamata, sticker dan identitas organisasi lainnya.

Lambang yang digunakan oleh GP Ansor tidak sekedar lambang biasa. Sebab dalam lambang GP Ansor tekandung banyak arti dan makna. Yang tentu seluruhnya menggambarkan identitas, ideologi, komitmen GP Ansor sebagai sebuah organisasi yang matang di Indonesia. Berikut ini adalah lambang Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama.

Logo Ansor NU PNG dan Maknanya

Dalam lambang GP Ansor tersebut, terdapat arti dan makna. Berikut ini adalah 10 arti lambang GP Ansor berdasarkan pada PD PRT hasil Kongres Gerakan Pemuda Ansor:

  1. Segitiga garis alas berarti tauhid, garis sisi kanan berarti fiqh dan garis sisi kiri berarti tasawwuf.
  2. Segitiga sama sisi keseimbangan pelaksanaan ajaran Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang meliputi Iman, Islam dan Ihsan atau ilmu tauhid, ilmu fiqh dan ilmu tasawwuf.
  3. Garis tebal sebelah luar dan tipis sebelah dalam pada sisi segitiga berarti keserasian dan keharmonisan hubungan antara pemimpin (garis tebal) dan yang dipimpin (garis tipis).
  4. Warna hijau berarti kedamaian, kebenaran dan kesejahteraan.
  5. Sembilan bintang : (1) Satu yang besar berarti Sunnah Rasulullah. (2) Empat bintang di sebelah kanan berarti sahabat Nabi (khulafa’urrasyidin). (3) Empat bintang di sebelah kiri berarti madzhab yang empat yakni Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali.
  6. Tiga Sinar ke bawah berarti pancaran cahaya dasar-dasar agama yaitu : Iman, Islam dan Ihsan yang terhujam dalam jiwa dan hati. Bulan sabit berarti kepemudaan.
  7. Lima sinar keatas berarti manifestasi pelaksanaan terhadap rukun Islam yang lima, khususnya shalat lima waktu. Jumlah sinar yang delapan berarti juga pancaran semangat juang dari delapan ashabul kahfi dalam menegakkan hak dan keadilan menentang kebathilan dan kedzaliman serta pengembangan agama Allah ke delapan penjuru mata angin.
  8. Tulisan ANSOR (huruf besar ditulis tebal) berarti kete­gasan sikap dan pendirian.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==